Negara penghasil gandum terbesar di dunia (kamusdata.com)

7 Negara Penghasil Gandum Terbesar di Dunia, Ada Rusia-Ukraina

Wulan | Internasional | 04-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Gandum merupakan makanan pokok bagi sebagian masyarakat dunia. Tanaman ini termasuk suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat.

Gandum berasal dari daerah sekitar Laut Merah dan Laut Mediterania. Tepatnya di Turki, Suriah, Irak dan Iran yang kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Biasanya, gandum akan diolah menjadi sereal, terigu atau difermentasikan. Di Indonesia sendiri gandum akan dikonsumsi dalam bentuk roti atau biskuit.

Selain itu, gandum juga digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak atau difermentasikan untuk menghasilkan alkohol. Biji-bijian ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, yaitu melancarkan pencernaan, diet, baik untuk jantung, mengurangi kolestrol, dan mengobati penyakit diabetes.

Ada beberapa negara yang tercatat sebagai penghasil gandum terbesar di dunia. Jika melihat dari grafik produksinya dari tahun ke tahun, hampir selalu mendominasi dan jarang tergantikan.

Negara Penghasil Gandum Terbesar di Dunia

1. China

China atau negara yang dijuluki sebagai negara tirai bambu ini terus menunjukkan dominasinya sebagai negara produsen gandum terbesar di dunia. Pada 2020 lalu, china berhasil menghasilkan sekitar 135.000.000 metrik ton gandum atau sekitar 29% dari total produksi gandum di dunia.

Di china, beras merupakan produk pertanian utama dan sangat banyak dikonsumsi khususnya di bagian Selatan. Berdasarkan bukti paleobotani, menunjukkan bahwa gandum berasal dari sekitar Afganistan atau Asia Tengah dan masuk ke China melalui provinsi utara Xinjiang. Bukti arkeologisnya berupa alat kuno yang dipakai untuk budidaya gandum memperlihatkan bahwa gandum datang ke China baik dari Siberia atau Mongolia di Eurasia.

2. India

Senada dengan China, gandum juga merupakan tanaman kedua yang paling banyak doproduksi di India setelah beras dan banyak mendominasi makanan pokok di wilayah utara India.

Gandum akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan cuaca jika dibandingkan dengan beras. Sehingga gandum akan ditabur di India sepanjang musim gugur dan dipanen saat musim dingin atau semi.

Berhasil memproduksi sebanyak 103.000.000 metrik ton gandum di tahun ini membuat India berada di urutan kedua sebagai negara penghasil gandum terbesar di dunia.

3. Rusia

Rusia berada di urutan ketiga sebagai negara yang memproduksi gandum terbesar di dunia dan posisi pertama dalam eksportir gandum di dunia dengan 77.000 metrik ton gandum yang dihasilkan. Rusia sendiri mendapat USD6,4 miliar dari ekspor gandumnya di tahun 2019 dengan menyumbang sekitar 17% ekspor gandum dunia.

Meskipun memiliki potensi tetap menjadi eksportir gandum terbesar, malah justru membuatnya menurun dari tahun ke tahun yang diperkirakan akan terus berlanjut. Hal ini disebabkan negara Rusia ingin melindungi pasokan makanannya lantaran efek pandemi Covid-19.

Selain untuk melindungi pasokan makanannya, hak tersebut juga dilakukan sebagai tindakan pencegahan setelah AS melakukan penjualan gandum besar-besaran ke China.

4. Amerika Serikat

Mungkin bagi sebagai orang Amerika Serikat hanya memproduksi bahan pertanian seperti jagung dan kedelai, namun pada kenyataannya AS berhasil menempati posisi keempat sebagai negara penghasil gandum terbesar di dunia.

Diketahui, di negara ini yang merupakan pemasok utamanya ialah Kansas dan Notrh Dakota. AS berhasil memproduksi sekitar 50.784.000 metrik ton gandum pada 2020. Jumlah tersebut kurang dari 1,5 juta metrik ton jika dibandingkan dengan hasil produksi AS tahun lalu.

5. Prancis

Prancis berhasil memimpin di kawasan Uni Eropa soaln urusan gandum dengan produksinya yang mencapai hampir 40.000.000 metrik ton tahun lalu. Memasok 4% dari pasokan global, Prancis berhak menempati posisi kelima dalam daftar penghasil gandum terbesar sebagai negara dengan lahan pertanian yang bisa dikatakan kecil.

6. Kanada

Selanjutnya dengan peghasil gandum terbesar di dunia adalah Kanada. Tahun ini kanada berhasil memproduksi sebanyak 34.000.000 metrik ton gandum. Ekspor gandum negara ini diketahui lebih banyak menghasilkan uang dibandingkan produk pertanian lainnya, yang nilainya mencapai USD5,5 miliar.

Tercatat, produksi Kanada sudah lebih 14% dari total pasokan dunia. Ilmuan dan produsen Kanada bekerja sama dalam mengembangkan metode penanaman yang optimal terkait dengan iklim di Kanada.

Tak hanya itu, mereka juga mengembangkan teknologi inovatif untuk menghasilkan banyak varietas gandum, dan menjadikan Kanada sebagai produsen gandung penggilingan protein tinggi paling terkenal di dunia.

7. Ukraina

Terkenal akan ladang gandumnya yang luas dan negara pekerja keras, menempatkan Ukraina di posisi keenam sebagai produsen gandum top di dunia setelah menghasilkan lebih dari 29.171.000 metrik ton tahun lalu.

Rumah bagi ribuan toko roti dan kedai kopi, Ukraina sebanding dengan Eropa Barat. Tidak perlu diragukan lagi jika sereal menjadi ekspor tertinggi kedua di negara itu.

Jika datang dan berkemudi di negara ini, maka kamu akan menyaksikan lading gandum yang tak ada habisnya, bahkan salah satu bentuk apresiasinya terlihat dari gambar yang ada pada bendera biru dan kuning Ukraina.

Setelah baru-baru ini menghadapi konflik dan perubahan dalam pemerintahan, Ukraina juga perlahan-lahan mengalihkan focus dari pertanian ke manufaktur dan penerapan teknologi maju.

Tag : #terbesar    #penghasil gandum terbesar    #internasional    #china    #india    #rusia    #amerika serikat    #prancis    #kanada    #rusia   

Baca Juga