Ilustrasi

7 Aplikasi Edit Suara Terbaik di HP Android

Wanovy | Teknologi | 04-12-2021

Kehadiran smartphone kini tak hanya untuk urusan berkomunikasi saja, tapi juga bisa menjadi sarana hiburan bagi pengguna.

Berbagai aplikasi menarik pun kini telah tersedia, seperti aplikasi editing foto, aplikasi edit video, sampai aplikasi edit suara (audio).

Selain foto dan video, suara termasuk yang paling banyak dimodifikasi dengan beragam jenis audio.

Tak hanya meningkatkan kualitas vokal, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk memodifikasi lagu sedemikian rupa.

Mulai dari mixing lagu, mengedit efek suara, lagu, dubbing dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya sangat perlu bagi Anda yang ingin membuat rekaman cover lagu.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi edit suara terbaik yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Timbre

Timbre merupakan aplikasi pengedit suara yang berasal dari developer Timbre Inc. dan salah satu yang paling populer, sebab mampu menjaga kualitas suara saat proses penyuntingan.

Timbre menawarkan banyak fitur untuk mengedit audio yang dapat Anda mengeksplorasi.

Sejumlah fitur yang ditawarkan Timbre termasuk menggabungkan file, memotong, convert, mengubah bitrate, membalik audio, dan lainnya.

Timbre ini juga menawarkan kemampuan mengedit video seperti untuk menambahkan watermark, membuat animasi GIF, hingga mengubah ukuran rasio video.

Download Timbre

2. BandLab

BandLab, atau sebelumnya bernama PocketBand, memungkinkan Anda membuat lagu lengkap dengan vokal, gitar, bass, dan drum melalui smartphone Android. BandLab juga menawarkan kemampuan edit audio sehingga menjadi merdu.

BandLab juga menyediakan opsi rekaman audio dengan tambahan fitur AutoPitch, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan nada suara. Setelahnya, Anda hanya perlu melakukan pemaduan audio atau audio mixing dengan berbagai efek instrumen yang disediakan dalam aplikasi.

Download BandLab

3. Media Converter

Media Converter merupakan aplikasi besutan antvplayer untuk Android. Lewat aplikasi ini, Anda dapat mengkonversi audio ke berbagai format seperti MP3, MP4, AAC, MPEG, FLV, WAV, dan lainnya.

Hadir dengan fitur-fitur yang lengkap, Anda juga dapat mengedit, memotong file audio, hingga mengatur kecepatan suara secara mudah.

Prosesnya sangat intuitif dan dapat dilakukan dengan praktis. Tampilan aplikasi ini juga sangat bersahabat, siapapun dapat menggunakannya tanpa kesulitan.

Download Media Converter

4. MStudio

MStudio adalah salah satu aplikasi audio editor alias edit suara terbaik di Android.

Mstudio memungkinkan pengguna untuk merekam, mengedit, mencampur, menggabungkan, dan mengonversi file audio.

Aplikasi ini juga mencakup fungsi canggih seperti seperti perubahan tempo, penyesuaian nada, menghapus audio dari file video, memutar audio secara terbalik, hingga mengkonversi klip audio.

Aplikasi MStudio memiliki rating yang cukup tinggi di Google Playstore yaitu 4,3 dengan jumlah pengunduh mencapai 1 juta pengguna. Ukuran filenya tidak terlalu besar yaitu hanya 15MB dan tersedia secara gratis.

Download MStudio

5. WaveEditor

Aplikasi audio editor terbaik di Android berikutnya adalah Wave Edtio. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengedit file audio dimana pun kapan pun.

Pengguna juga bisa mencampur dan mengedit banyak lagu menggunakan fitur seperti FFT, Osciloscope dan Spectogram.

Lebih dari 30 format audio dapat didudukng seperti AIDD, FLAC, MP3, OGG, PCM, WAV dan lain-lain. Wave Editor juga memiliki fitur perekeam audio secara built in.

WaveEditor tersedia secara gratis di Google Playstore dengan kapasitas 15MB. Ratingnya di Google Playstore yaitu 4.0, dengan jumlah pengunduh lebihd dari 1 juta pengguna.

Download WaveEditor

6. Lexis Audio Editor

Aplikasi edit suara di Android lainnya adalah Lexis Audio Editor. Aplikasi ini cukup membantu untuk beberapa aktivitas editing sederhana seperti memotong, menyalin, menempelkan,dan lain-lain.

Bagi yang cukup familiar dengan aplikasi Audacity di platfrom desktop, antara muka dari Lexis Audio editor nampak mirip dengan aplikasi tersebut.

Beberapa fungsi tambahan yang juga tersedia seperti normalize, noise reduction, trim, fade-in & fade-out, serta mengubah nada dan tempo.

Beberapa format audio yang didukung seperti WAV, mp3, FLAC, m4a, aac, dan WMA, Anda juga dapat mengimpor format video seperti mp4, 3gp, dan 3g2.

Aplikasi ini telah diinstal lebih dari 5 juta pengguna dan rating-nya cukup tinggi yaitu 4,5 di Google Playstore.

Download Lexis Audio Editor

7. Audio Editor

Aplikasi berikutnya adalah Audio Editor, yang juga menawarkan fitur edit file audio bagi pengguna Android, dengan beberapa fitur andalan.

Seperti diantaranya Audio Cutter untuk memotong dan membuat nada dering, Audio Mixer untuk menggabungkan Audio, Adio Converter untuk mengkonversi format audio, serta Editor Tag untuk mengubah metadata pada file audio, seperti Judul Lagu, Album Art, Nama Album, Nama File dan lain-lain.

Audio Editor tentunya juga tersedia secara gratis di Google Playstore, dimana kita dapat mengunduh aplikasi ini dengan ukuran 12MB. Rating-nya yaitu 4.0 di Android, dengan jumlah pengguna sekitar 1 juta pengunduh.

Download Audio Editor

Itulah beberapa aplikasi edit suara(audio) yang cocok untuk Anda gunakan di smartphone Android. Semoga bermanfaat!

Tag : #aplikasi    #edit suara    #android    #audio   

Baca Juga