Penerimaan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) oleh XL Axiata

Akhirnya Lulus ULO, XL Axiata Siap Gelar 5G di Indonesia

wanovy | Teknologi | 13-08-2021

Operator seluler XL Axiata dinyatakan lolos Uji Laik Operasional (ULO) dan siap untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Dengan demikian, XL Axiata menjadi operator seluler ketiga di Indonesia yang resmi mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO).

SKLO tersebut akan dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Terbitnya SKLO menandakan bahwa seluruh prasarana untuk menggelar jaringan 5G yang telah disiapkan XL Axiata, secara teknis siap dioperasikan.

Hari ini kita bersama manyambut keikutsertaan XL Axiata yang baru saja mendapatkan SKLO layanan 5G pada 6 Agustus 2021 beberapa hari yang lalu. Setelah pelaksanaan Uji Laik Operasi (ULO) pada 3 sampai 5 Agustus 2021. Jadi satu hari setelah selesai ULO, langsung diterbitkan SKLO tersebut," ujar Menkominfo dalam konferensi pers virtual, Kamis (12/8/2021).

Adapun ULO layanan 5G XL Axiata dilakukan di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat. Dengan diterbitkannya SKLO ini, Indonesia saat ini sudah memiliki tiga operator seluler yang mendukung layanan 5G dan berharap pelaksanaan komersialisasi 5G ini dapat berkembang dengan baik di Tanah Air.

Secara teknis, XL Axiata menggelar jaringan 5G melalui Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Untuk diketahui, DSS merupakan teknologi yang memungkinkan operator seluler memanfaatkan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G.

Itu artinya, XL Axiata akan tetap menggunakan spektrum yang sudah dimiliki saat ini, yaitu pita frekuensi 1.800 MHz dan 2.100 MHz. Saat ini, XL Axiata memiliki alokasi spektrum di pita frekuensi 900 MHz, 1.800 MHz, dan 2,100 MHz

"Kami sudah melakukan berbagai persiapan sampai akhhir Juli kami ajukan ULO ke Kemenkominfo. Alhamdulillah ULO berjalan lancar dan sesuai jadwal dalam tiga hari 3-5 Agustus di daerah Depok. Dan lolos semua aspek pengujian sehingga dapat SKLO untuk 5G," kata Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata.

Tak hanya untuk konsumen, jaringan 5G XL Axiata juga ditujukan untuk mendukung kepentingan Business to Business (B2B) hingga enterprise.

Dalam acara konferensi pers tersebut, XL Axiata belum mengungkap kapan jadwal komersialisasi akan dilakukan. Belum diketahui pula di mana saja jaringan 5G XL Axiata akan bisa dinikmati.

Tag : #teknologi   

Baca Juga