Aleksandar Kolarov pensiun sebagai pemain sepak bola (Foto: SampreInter.com)

Aleksandar Kolarov Resmi Umumkan Pensiun dari Pemain Sepak Bola

Michael | Sepakbola | 20-06-2022

PARBOABOA – Aleksandar Kolarov memutuskan pensiun dari pemain sepak bola. Bek asal Serbia ini menutup karier profesional dengan riwayat klub yang cukup luar biasa, seperti Manchester City, AS Roma, dan Inter Milan.

Kolarov memilih gantung sepatu di usia 36 tahun. Kontraknya di Inter Milan kadaluwarsa akhir Juni 2022 ini dan dia memilih mengakhiri kariernya sebagai pemain.

Dalam sebuah pernyataan pengunduran dirinya, Aleksandar Kolarov mengatakan, "Saya selalu tahu bahwa cepat atau lambat momen ini akan datang. Meskipun saya menyesal telah menutup satu babak dalam hidup saya, saya bersyukur bahwa saya berhasil mencapai apa yang selalu menjadi impian saya."

"Saya berterima kasih kepada semua orang yang mengikuti saya di bagian pertama karier saya ini. Pertama-tama, untuk setiap rekan setim di klub tempat saya bermain serta di tim sepakbola Serbia, tanah air saya, yang selalu saya wakili dengan sangat bangga.Saya berterima kasih kepada klub, presiden, manajer, pelatih, staf teknis, dokter, ekonom, fisioterapis dan semua orang yang membantu dalam karir saya, dan bekerja keras dari latar belakang," tambah Aleksandar Kolarov.

Aleksandar Kolarov, yang memulai kariernya dengan tim Serbia Cukaricki dan OFK Beograd, berniat untuk tetap berada di sepakbola dengan mengambil peran baru.

"Saya datang ke akhir fase ini dalam hidup saya, merasa sangat puas dengan apa yang telah saya capai," katanya.

"Sekarang saya sudah fokus pada kehidupan 'lain' saya di dunia sepakbola. Saya akan segera memulai pelatihan sebagai direktur olahraga dan tim muda di pusat sepak bola nasional Federasi Sepakbola Italia di Coverciano," tutup Aleksandar Kolarov.

Perjalanan Karier Aleksandar Kolarov

Memulai dari Lazio

Aleksandar Kolarov mengawali kariernya di akademi Red Star yang merupakan akademi top di Serbia. Belum sempat diorbitkan ke tim utama, Kolarov langsung didatangkan oleh klub Serbia Cukaricki pada 2004. 

Tiga musim setelahnya, Kolarov dibeli OFK Beograd dengan harga 400 ribu euro atau Rp6,2 miliar. Hanya perlu empat bulan bagi Kolarov agar dia dapat dilirik oleh klub top Serie A, yaitu Lazio. 

Selama membela Lazio, namanya mulai dikenal di kalangan para penggemar sepak bola Eropa. Banderolnya pun naik tajam menjadi jutaan euro setelah dia dikenal sebagai bek kiri yang offensive dalam membangun serangan.

Cemerlang Bersama Manchester City

Setelah membela Lazio selama tiga musim, Kolarov memutuskan untuk menerima tawaran dari Manchester City. Kolarov dibeli Manchester City dari Lazio dengan harga 23,86 juta euro atau setara Rp371 miliar. 

Bersama Manchester City, Kolarov berhasil menjadi pesaing utama Gael Clichy di posisi bek kiri. Selama membela Manchester City, kariernya meningkat tajam dengan torehan 2 trofi Premier League, 1 trofi Piala FA, 2 trofi Carabao Cup, dan 1 trofi Community Shield.

Sejak membela Manchester City, Kolarov dikenal sebagai bek kiri yang memiliki umpan silang yang berbahaya sekaligus tendangan jarak jauh yang keras. Inilah yang membuat dirinya menjadi salah satu bek kiri top kala itu.

Bermain di Posisi Bek Sayap, Tapi Rajin Mencetak Gol dan Assist

Kolarov memiliki kemampuan membantu serangan balik yang mumpuni. Kemampuan umpan silangnya yang bagus sekaligus tendangan jarak jauhnya yang keras membuat dirinya kerap menorehkan banyak gol dan assist.

Selama bermain di level klub, sudah ada 35 gol dan 48 assist yang ditorehkannya bagi beberapa klub yang dibelanya. Selain membela klub top Manchester City, dia juga sempat membela AS Roma dan Lazio.

Bermain 94 Caps Bersama Timnas Serbia

Kolarov merupakan salah satu langganan bek kiri di Timnas Serbia sejak 2008 lalu. Dia bahkan sempat menjadi pemain terbaik Serbia pada 2011 lalu setelah tampil apik bersama tim nasional sekaligus Manchester City.

Bersama Timnas Serbia, Kolarov sudah meraih 94 caps dan menyumbang 11 gol. Jika diperlukan, Kolarov juga bisa dirotasi sebagai bek tengah. Penampilannya sebagai bek tengah juga cukup baik saat beberapa bek tengah Serbia ataupun klub yang dibelanya mengalami cedera atau sedang dalam keadaan tidak fit.

Meraih 11 Trofi Sepanjang Karier Sebagai Pesepakbola

Aleksandar Kolarov dikenal sebagai pemain dengan mentalitas juara yang tinggi. Berbicara tentang trofi, dia sudah meraih 11 trofi selama membela klub Lazio, Inter Milan, dan Manchester City.

Kolarov sudah meraih trofi Serie A sekaligus Piala Super Italia saat membela Inter Milan dan Lazio. Sayangnya, dia tidak sempat meraih trofi saat masih membela klub-klub Serbia dan AS Roma yang bermain di Serie A.

Kolarov resmi pensiun di usianya yang ke-36 tahun. Pensiunnya Kolarov pastinya menjadi kesedihan tersendiri bagi para pendukung klub-klub, seperti Lazio, Manchester City, dan Inter Milan.
 
 

Tag : #inter milan    #aleksandar kolarov    #sepakbola    #manchester city    #lazio    #as roma   

Baca Juga