Astro, Robot Asisten Rumah

Amazon Perkenalkan Astro, Robot Pintar Asisten Rumah

Wanovy | Teknologi | 30-09-2021

Amazon pada Selasa (28/09) resmi memperkenalkan robot asisten rumah bernama Astro yang dilengkapi kamera dan dapat digunakan pengguna untuk berpatroli di rumah.

Astro dirancang sebagai robot pintar yang bisa mengawasi keadaan rumah dengan kamera. Agar lebih bersahabat dengan pengguna, Astro diklaim memiliki "persona" unik, yang ditampilkan lewat hal-hal seperti sepasang "mata" di layar dan berbagai bebunyian.

Astro sendiri dapat bergerak cukup lincah, satu meter per detiknya. Di bagian kepala Astro, ada kamera yang dapat melihat segalanya di atas permukaan lantai.

Untuk melihat keadaan di rumah, Astro menggunakan kamera periskop (1080p, bidang pandang 132 derajat) yang menjulang dari punggungnya. Ketinggian kamera dapat diatur.

Ketika Anda bepergian, Astro dapat menginformasikan apa saja yang terlihat dari tayang langsung kameranya.

Ia juga dapat mengenali wajah orang, dan memberi peringatan jika ada wajah asing tertangkap dalam kamera.

Amazon selaku produsen mengklaim jika dalam sepuluh tahun ke depan, robot seperti ini adalah pemandangan yang wajar ada di setiap rumah.

Perangkat setinggi kira-kira 60 sentimeter dan berat 9 kilogram itu dapat memetakan denah rumah dan mematuhi perintah untuk pergi ke tempat tertentu untuk melihat lebih dekat dengan kamera teleskopnya.

“Sekarang ketika Anda pergi, Anda dapat menggunakannya untuk secara proaktif berpatroli di rumah Anda dan menyelidiki aktivitas,” kata eksekutif Amazon Dave Limp dalam klip peluncuran produk sebagaimana dikutip dari AFP pada Rabu, (29/9).

Amazon mencontohkan beberapa skenario lain untuk penggunaan Astro. Misalnya, Astro bisa dipakai untuk melakukan video call sambil berjalan keliling rumah. Saat pengguna menghubungi seseorang di rumah, Astro juga bisa mencarinya untuk menerima panggilan.

Robot Astro dapat bekerja bersama asisten digital Amazon Alexa yang dapat dilatih untuk mengenali wajah dan mempelajari kebiasaan anggota keluarga di rumah.

Amazon mengatakan Astro juga dapat berguna untuk membantu memeriksa kerabat lanjut usia dari jarak jauh atau mengirimkan pengingat untuk aktivitas tertentu.

Pengguna juga bisa mengarahkan robot ini untuk melihat keadaan rumah dari jauh, misalnya mengecek kompor.

Menurut Amazon, di aplikasi pendampingnya nanti juga ada perintah-perintah untuk mengecek ruangan di rumah, anggota keluarga, binatang peliharaan, atau benda-benda tertenti.

Saat ini, Astro hanya bisa dipesan secara invite-only dengan mendaftar di situs Amazon. Harganya dipatok sebesar 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 14,3 juta. Saat sudah dirilis secara meluas di kemudian waktu, harganya akan naik menjadi 1.450 dollar AS atau sekitar Rp 20,8 juta.

Tag : #teknologi    #amazon    #robot    #asisten    #astro   

Baca Juga