Google resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya yakni Android 12 Go edition.

Android 12 Go Edition Diumumkan, Ini Deretan Fiturnya

Wanovy | Teknologi | 16-12-2021

Google resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya yakni Android 12 Go edition. Sistem operasi yang telah hadir sejak tahun 2017 silam ini telah banyak membantu pengoperasian untuk smartphone Android entry-level atau dengan harga terjangkau.

Menurut Google, pengoptimalan ke Android 12 Go Edition akan mengurangi waktu pembukaan aplikasi hingga 30 persen. Pengurangan tersebut akan membuat perbedaan nyata bagi pengguna Android Go sehari-hari.

Sistem operasi ini diklaim lebih ringan dibandingkan dengan Android 12 versi standar dan Android 12L.

Meski lebih ringan, Android 12 Go membawa fitur dan performa yang tak kalah hebat dari Android 12 versi standar.

Lewat versi terbaru Android 12 Go Edition, Google ingin memberikan pengalaman yang lebih cepat dan cerdas dibandingkan generasi sebelumnya. Google mengatakan ponsel dengan Android 12 Go Edition bakal memiliki peningkatan fitur yang memudahkan pengguna menerjemahkan beragam bahasa.

Selain itu, ada pula fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa membuka sebuah aplikasi, tanpa perlu men-downloadnya, sehingga dapat menghemat penggunaan paket data internet.

Berikut fitur-fitur terbaru yang bakal hadir di ponsel keluaran tahun 2022 dengan OS Android 12 Go Edition.

1. Optimalisasi aplikasi

Android 12 Go Edition membawa SplashScreen API yang memungkinkan perangkat untuk meningkatkan kinerja aplikasi menjadi 30% lebih cepat.

SplashScreen API di Android 12 Go Edition juga membuat pengoperasian aplikasi menjadi lebih smooth dibandingkan dengan sebelumnya.

Selain itu, Google juga mengatakan animasi ketika awal membuka aplikasi akan berjalan lebih halus. Aplikasi akan dengan mudah terbuka, tanpa ada delay (waktu tunggu) yang lama.

2. Lebih hemat baterai

Android 12 Edisi Go juga dapat menghemat penggunaan daya baterai dengan pengelolaan aplikasi yang ditingkatkan.

Google mengatakan aplikasi yang tidak digunakan pengguna bakal secara otomatis dihibernasi. Fitur hibernasi otomatis ini juga membantu ruang penyimpanan ponsel menjadi lebih hemat. Fitur lain yang bisa membantu menghemat ruang penyimpanan ponsel juga hadir melalui aplikasi Files Go versi terbaru.

Android 12 Go edition diklaim akan secara otomatis dapat menghemat masa pakai baterai dan penyimpanan dengan melakukan hibernasi aplikasi yang tidak digunakan untuk waktu yang lama. Hal ini sangat membantu untuk perangkat dengan kapasitas penyimpanan terbatas. Hal ini tentu sangat membantu untuk perangkat dengan kapasitas penyimpanan terbatas.

3. Multibahasa yang lebih cerdas

Android 12 Go Edition juga memiliki fitur multibahasa yang lebih cerdas dengan keberadaan opsi penerjemahan di layar. Opsi itu memungkinkan pengguna bisa membaca artikel atau mendengar radio, sesuai dengan terjemahan bahasa yang diinginkan.

Android 12 Go edition memungkinkan kita dapat melihat pilihan untuk mendengarkan berita dan menerjemahkan konten apa pun yang sedang dilihat di layar ke bahasa yang diinginkan sebagai contoh dari bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya.

Selain itu, dari konten yang dilihat di layar, kita juga bisa mendengarkan teks maupun menangkap layar untuk disimpan. Semua pilihan tersebut langsung dari layar handphone dengan Android 12 Go edition tanpa harus berpindah ke halaman lain.

4. Privacy Dashboard

Android 12 mempunyai fitur privasi yang disebut dengan Privacy Dashboard. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat aplikasi apa saja yang bisa mengakses data pribadi pengguna.

Selain itu, pengguna juga bisa memutuskan seberapa banyak data pribadi yang dapat diakses aplikasi melalui Fitur Privacy Dashboard.

Fitur Privacy Dashboard juga memudahkan pengguna untuk memonitoring penggunaan microphone, kamera, GPS, oleh aplikasi.

5. Buka aplikasi tanpa download

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapat aplikasi secara mudah tanpa perlu mengunduhnya. Pengguna dapat berbagai aplikasi dengan perangkat terdekat menggunakan Nearby Share dan Google Play.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menghemat data karena tidak perlu mengunduh aplikasi, sehingga bisa menghemat penggunaan paket data internet.

Google menyebutkan bahwa Android 12 Go edition dapat membuat aplikasi langsung terbuka dengan cepat tanpa menunggu jeda waktu beberapa detik. Selain itu juga akan menampilkan animasi lebih halus dari biasanya.

6. Berbagi perangkat secara aman

Selain fitur di atas, Google juga membuat aktivitas berbagi perangkat antara pengguna dengan orang lain menjadi lebih aman. Android 12 Go Edition dapat membuat pemilik perangkat merasa aman ketika perangkatnya dipinjam oleh rekan.

Dengan Android 12 Go edition, kita juga dapat menghemat data dengan berbagi aplikasi secara langsung ke handphone Android lainnya menggunakan fitur Nearby Share dan Google Play Store dengan cara diketuk saja pada ikon yang tertera di layar ponsel.

Google juga menjelaskan berbagai fitur lain yang hadir di ponsel dengan Android 12 Go Editon pada tahun depan ini melalui postingan di blog resminya.

Tag : #android 12    #android 12 go edition    #google    #fitur android 12 go edition   

Baca Juga