Aplikasi Discord

Mengenal Apa Itu Discord, Aplikasi Populer di Kalangan Gamers

Sondang | Teknologi | 18-03-2022

PARBOABOA, Siantar - Para gamers pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Sebab, Discord biasanya digunakan para gamers untuk berkomunikasi dengan pemain lain saat bertanding ataupun menjalin kesepatakan.

1. Jadi, apa itu Discord?

Discord adalah aplikasi gratis asal Amerika yang dirancang untuk menciptakan komunitas seperti panggilan suara, panggilan video, pesan teks, media dan file dalam obrolan pribadi atau dalam bentuk komunitas.

Discord dibuat untuk membuat dan mengelola komunitas pribadi dan publik. Ini memberi pengguna akses ke alat yang berfokus di sekitar komunikasi seperti panggilan suara dan video, ruang obrolan persisten, dan integrasi dengan layanan yang berfokus pada pemain lainnya.

Aplikasi yang dirilis secara publik pada Mei 2015 ini berasal dari buah pemikiran Jason Citron. Setelah menciptakan platform komunikasi untuk gamer bernama OpenFeint dan menjualnya sebesar US$104 juta (hampir Rp1,5 triliun), Citron kemudian mendirikan studio Hammer & Chisel dan merilis game MOBA pertamanya, Fates Forever pada 2014.

Namun sayangnya, Fates Forever tidak laku. Kemudian saat melakukan pengembangan, Citron mendapatkan ide untuk membuat layanan voice over internet protocol (VoIP) yang ramah pengguna tanpa mengganggu performa. Setelah mendapatkan berbagai investasi, Citron pun menggarap Discord.

Citron kemudian merilis Discord dengan nama domain discordapp.com. Awalnya, Aplikasi ini hadir sebagai sarana komunikasi untuk para gamer saat bermain PC. Namun ternyata pada 2019, pengguna Discord diketahui mencapai 250 juta per bulan. Bahkan per Juni 2020, Discord berhasil mencatat 100 juta pengguna aktif per bulannya.

Kemudian mulai Juni 2020, Discord mengumumkan pengalihan fokus dari kekhususan permainan video ke komunikasi yang lebih serbaguna dan klien obrolan untuk semua fungsi. Mereka juga akan merevisi situe web Discord serta mengurangi jumlah lelucon permainan yang digunakannya dalam klien untuk meningkatkan pengalaman orientasi pengguna, dan meningkatkan kapasitas dan keandalan server.

Fitur komunikasi via teks, suara, dan video, kualitas layanan komunikasi suara Discord yang berkualitas tinggi dan berlatensi rendah ini pun berhasil mendongkrak popularitas Discord di kalangan gamer, YouTuber, hingga podcaster serta streamer Twitch. Alhasil, Discord dapat digunakan hampir di semua platform, dari PC, konsol, hingga smartphone Android dan iOS.

2. Fitur-Fitur di Discord

- Server

Seperti penjelasan di atas, pengguna dapat berkomunikasi dengan panggilan suara, panggilan video, pesan teks, media dan file dalam obrolan pribadi atau sebagai bagian dari komunitas disebut "server." Server adalah kumpulan ruang obrolan tetap dan saluran obrolan suara.

Namun, komunitas Discord diatur ke dalam kumpulan saluran terpisah yang disebut server. Maka dari itu, pengguna dapat membuat server secara gratis dengan mengelola visibilitas publik mereka dan membuat satu atau lebih saluran di dalam server itu.

- Channel

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan Channel untuk berkomunikasi via teks atau suara dengan para anggota lain di Discord. Channel terbagi menjadi dua bagian, yakni teks dan suara.

Di channel teks, pengguna bukan hanya mengobrol tetapi juga berbagai video, foto, GIF atau mengunggah file dan dokumen. Sementara di channel suara, pengguna dapat berbagi layar atau screen-sharing, menjadikannya hampir lebih variatif dibandingkan Zoom dan aplikasi video teleconference lainnya.

- Profil pengguna

Untuk mendaftar di Discord, pengguna diwajibkan mengisi alamat email beserta nama pengguna. Setelah itu pengguna akan diberi nomor empat digit yang disebut "diskriminator", dengan prefix "#", yang ditambahkan ke akhir nama penggunanya untuk mencegah pengguna memiliki nama yang sama.

Baik di server dan tingkat pengguna, Discord juga memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ini ke Twitch atau akun layanan permainan lainnya. Bahkan, pengguna dapat menetapkan gambar profil dan pelanggan untuk Discord Nitro, bagian dari rencana monetisasi Discord, dapat menggunakan gambar profil animasi.

- Panggilan Video dan streaming

Berbeda dengan aplikasi lain, Discord memiliki keunikan tersendiri yang memungkinkan penggunanya untuk membuat panggilan video pribadi hingga dengan 10 pengguna. Hal itu bahkan meningkat menjadi 40 karena Pandemi covid-19.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat membagikan layar mereka jika Discord mendeteksi bahwa mereka sedang memainkan permainan dan orang lain di saluran itu dapat bergabung dengan saluran untuk menonton streaming.

3. Lantas, bagaimana cara menggunakan Discord?

Untuk ngobrol di komunitas dalam aplikasi Discord, pengguna tentu harus bergabung dan memilih server terlebih dahulu. Untuk membuat server di Discord pun cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

- Cara membuat Server Discord

1. Pertama, klik "Add a Server" (tanda "+" hijau) di kolom kiri layar Discord

2. Selanjutnya, tampilan "Create a Server" akan muncul. Kamu dapat membuat server dari nol, atau membuat server berdasarkan template yang disediakan Discord (dari ruang belajar hingga gaming)

3. Kamu dapat memilih apakah server tersebut ditujukan untuk kamu dan teman-teman) atau klub dan komunitas.

4. Tampilan "Customize Your Server" muncul, dan kamu dapat menambahkan foto atau mengganti nama server. Jika sudah yakin, klik "Create".

Agar server-mu berkembang, kamu dapat mengirim undangan/invite. Jika kamu ingin mengubah hal-hal di server-mu, kamu dapat mengklik panah bawah di sebelah nama server-mu, lalu pilih "Server Settings".

Namun jika menurutmu terlalu ribet untuk membuat server sendiri, kamu dapat bergabung dengan server lain sesuai dengan topik yang kamu inginkan. Kamu hanya perlu memilih "Explore Public Servers", ikon berbentuk kompas yang berada tepat di bawah opsi "Add a Server".

Untuk membantumu memilih, Discord menyediakan pilihan topik-topik di kolom Discover. Dari diskusi gaming dan komik dan film hingga saham serta belajar bahasa pun ada. Dengan bergabung ke server-server ini, kamu dapat berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, loh.

- Cara mengatur channel Discord

Jika kamu membuat server-mu sendiri, maka kamu juga perlu tahu bagaimana cara mengelola channel. Agar teratur, kamu dapat membagi channel menjadi beberapa kategori. Sama seperti mengelola channel, kamu harus memiliki izin "Manage Channel" yang diberikan oleh Admin server atau kamu adalah pencipta server itu sendiri.

Untuk mengatur channel dan kategorinya pun, kamu harus mengenali tampilan label sebagai penunjuk fungsi bagi para anggota. Berikut sejumlah tampilan label Discord lengkap dengan fungsinya.

- Tanda "+" adalah untuk membuat channel baru berbentuk teks atau suara

- Tulisan "Text Channel" dan "Voice Channel" adalah "Kategori"

- Ikon "#" dan "Loudspeaker" menjadi penanda jenis channel. "#" untuk teks, dan "Loudspeaker" untuk suara

- Ikon "orang dengan tanda +" digunakan untuk mengundang orang ke channel, sedangkan tanda "roda gear" untuk mengatur channel

- Cara merekam percakapan suara Discord

Kamu juga bisa merekam percakapan yang ada di Discord, berikut panduannya:

- Pertama, untuk mengundang craig adalah dengan membuka laman “craig.chat/home”.

- Laku, ketuk pilihan “Invite Craig to Your Discord Server”.

- Pilih saluran di aplikasi Discord yang telah Anda siapkan.

- Secara otomatis Craig akan masuk bersama dengan Anda di daftar teman Anda.

- Untuk memulai merekam, tulis perintah “:craig:, join” kemudian secara otomatis Craig akan mulai merekam percakapan yang diinginkan.

- Perhatikan notifikasi memulai perekaman, akan ada suara “Now Recording” dari Craig.

- Cara streaming Discord di Android

Selain merekam suara, Anda juga bisa streaming game atau apapun di Discord. Berikut caranya:

- Masuk/ log in ke aplikasi Discord Anda.

- Pilih salah satu voice channel yang Anda inginkan.

- Klik "Join Voice".

- Kemudian klik ikon share screen yang ada dibawah.

- Kini Anda telah berbagi screen.

4. Apa itu Discord Nitro?

Pada dasarnya, Discord sebenarnya gratis. Namun, jika kamu ingin mendapatkan layanan lainnya, kamu dapat berlangganan Discord Nitro. Biaya berlangganan Discord Nitro adalah US$10/bulan (Rp143.500) dan US$100/tahun (Rp1,4 jutaan).

Sebab jika kamu berlangganan dengan Discord Nitro, kamu bisa mendapatkan segudang fasilitas seperti:

- Mengunggah file atau dokumen dengan ukuran lebih besar

- Streaming video dan screen-sharing berkualitas HD

- Avatar beranimasi dan kode tagar milikmu sendiri

- Emoji khusus

- Dua Server Boost

Sesuai namanya, Server Boost adalah fitur Discord untuk meningkatkan kualitas server-mu dengan berbagai keuntungan. Tergantung dari level Server Boost yang dipilih, server-mu mendapat slot emoji tambahan, kualitas video dan audio yang lebih jernih, hingga mengirim file hingga 100MB! Harga satu bulan Server Boost adalah US$5 (Rp72 ribu).

5. Apa itu Discord Bot

Selain fitur-fitur di atas, kamu juga bisa menambahkan bot ke dalam server. Fitur pihak ketiga Discord ini dapat "mewarnai" server-mu, mulai dari membantumu sebagai moderator otomatis, memainkan musik, hingga memainkan game berbasis teks!

Untuk memulai server-mu, inilah beberapa contoh bot yang direkomendasikan di Discord:

- MEE6: sarana moderator otomatis di channel-mu. Selain menjaga channel teks tetap kondusif untuk member baru, MEE6 juga memberikan notifikasi dari Twitter, YouTube, dan Reddit, merekam obrolan suara, membuat perintah khusus, dan fitur-fitur lainnya.

- Groovy: bot yang bertindak layaknya jukebox, memungkinkan semua orang di server-mu me-request lagu untuk diputar di channel suara. Selain itu, kontrol Groovy pun mudah untuk skip dan pause lagu.

- Sesh: bot yang akan membantumu menjadwalkan acara dan menambahkannya ke sistem kalender perangkat lewat perintah obrolan intuitif.

- Epic RPG: bot yang akan memberikan pengalaman bermain game RPG yang imersif. Kamu dapat membuat karakter, menjelajahi dunia RPG, bertempur dengan teman, dan fitur-fitur RPG lainnya hanya dengan mengetikkan perintah di channel teks.

- Simple Poll: bot yang membuat semua jenis jajak pendapat/polling, sangat berguna untuk berinteraksi dengan anggota server.

Itulah seputar informasi mengenai apa itu Discord. Selamat Mencoba!

Tag : #discord    #gamers    #teknologi    #aplikasi    #jason citron    #voip    #server    #channel   

Baca Juga