Ilustrasi

7 Rekomendasi Aplikasi VPN untuk Android Terbaik 2022

Wanovy | Teknologi | 09-09-2022

PARBOABOA - Apakah Anda pernah membuka sebuah situs website namun terblokir oleh layanan? Jika iya, Anda wajib memiliki sebuah aplikasi VPN. Namun jangan sembarangan untuk menginstal aplikasi VPN, ya.

Virtual Private Network atau yang biasa dikenal dengan VPN adalah sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sebuah situs secara pribadi melalui server jaringan lain.

Secara sederhana VPN menghubungkan smartphone atau sebuah perangkat komputer ke perangkat lain pada tempat yang berbeda, sehingga Anda dapat mengakses internet menggunakan koneksinya.

Sebagai informasi sejarah, dahulu VPN merupakan layanan yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk melindungi data yang sifatnya sensitif.

Namun lambat laun, VPN juga digunakan untuk mengakses situs yang memiliki batasan wilayah maupun koneksi.

Selain itu, VPN juga dapat mengamankan enkripsi, bahkan menyamarkan keberadaan sehingga Anda dapat menjelajahi dunia internet dengan aman dan nyaman.

Ada banyak developer yang menyediakan VPN. Bahkan terdapat aplikasi VPN gratis dengan performa yang maksimal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi aplikasi VPN terbaik 2022 yang dapat Anda terapkan di smartphone Anda.

1. Mini VPN

Sesuai dengan namanya, aplikasi Mini VPN memiliki ukuran file yang cukup kecil, hanya 11 MB saja. Meski demikian, kemampuannya untuk mengakses situs yang diblokir tidak perlu diragukan.

Aplikasi ini memiliki sejumlah kelebihan. Di antaranya, koneksi yang telah dienkripsi, alamat IP yang disembunyikan, serta membuat data yang ada di perangkat Android jadi lebih aman.

Mini VPN juga menyediakan jaringan server dari berbagai negara, seperti Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan lain sebagainya. Jadi kalau akses di satu server lambat, langsung aja ganti ke server lainnya. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di playstore.

2. TunnelBear VPN

TunnelBear VPN memiliki berbagai kelebihan. Seperti tersedia di berbagai platform. Gak cuma di Android saja, aplikasi tersebut juga bisa ditemukan di iOS dan Windows. Jadi, Anda bisa mengandalkan aplikasi ini untuk beragam gadget yang Anda miliki.

Berkat aplikasi TunnerBear VPN, semua situs yang diblokir bisa diakses dengan lancar jaya.

Penasaran dengan kemampuan dari aplikasi TunnelBear? Yuk langsung saja unduh melalui Google Playstore atau appstore.

3. Turbo VPN

Aplikasi Turbo VPN merupakan platform terbaik yang kerap digunakan oleh pengguna Android maupun iOS.

Aplikasi VPN terbaik satu ini memiliki kelebihan dapat digunakan di berbagai jaringan seperti 4G, 3G, dan WiFi. Terlebih aplikasi ini juga dapat digunakan untuk Android versi 4.1 ke atas.

4. Express VPN

Aplikasi VPN populer lainnya adalah Express VPN. Aplikasi ini memiliki ribuan server di berbagai belahan dunia.

Selain Android, pengguna iOS dan Linux juga dapat merasakan kemanfaatan dari aplikasi ini.

Fitur lain di aplikasi ini adalah tawaran keamanan yang tinggi pada saat perangkat menggunakan WiFi publik, seperti kantor, maupun mal.

Selain itu platform ini juga dapat menyembunyikan IP pengguna dan dapat menghilangkan aktivitas log.

5. Secure VPN

Aplikasi Secure VPN memiliki ukuran yang lebih kecil. Aplikasi ini cuma memiliki ukuran sebesar 3 MB! Pastinya gak bakal bikin memori smartphone Anda penuh.

Selain ukurannya yang tergolong ringan, Secure VPN menawarkan fitur berupa kecepatan internet yang tinggi, dan keamanan ekstra.

Aplikasi tersebut pun menyediakan pilihan server, mulai dari Amerika, Eropa, dan Asia. Anda tinggal pilih mana server yang menawarkan kecepatan maksimal untuk digunakan.

6. NordVPN

NordVPN adalah aplikasi VPN premium yang menawarkan keunggulan di sektor keamanan data.

Aplikasi VPN ini akan selalu menjaga data penggunanya agar tidak terjadi kebocoran dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

NordVPN juga punya keunggulan dengan ribuan server yang tersebar di puluhan negara. Jika satu server mengalami penurunan kecepatan, Anda bisa memilih server lain dengan mudah.

Selain itu, tiap terubung ke internet, NordVPN akan bekerja dengan dengan menawarkan perlindungan ganda dengan merutekan koneksimu melalui dua server, bukan satu.

NordVPN juga punya fitur yang bernama CyberSec. Dengan fitur ini, Anda bisa terbebas dari iklan mencolok yang mengganggu.

Fitur ini juga memblokir situs web yang dikenal dengan hosting malware atau penipuan phising dan juga memblokir berbagai situs jahat.

7. Surfshark VPN

Mengapa Anda harus mencoba Surfshark VPN? Aplikasi VPN yang satu ini kaya akan fitur menguntungkan bukan hanya dari segi keamanan, namun juga dari kecepatan dan kemudahan penggunaannya.

Tidak perlu khawatir lagi akan keamanan data jika Anda menggunakan public wifi karena Surfshark VPN mampu mengatasinya.

Aplikasi ini akan menyembunyikan download history dan juga IP address Anda sehingga Anda bisa bebas men-download dan sharing files apapun dengan nyaman dan privacy tetap terjaga.

Selain bisa dikoneksikan ke berbagai devices, Surfshark VPN juga dilengkapi dengan free ad blocker yang mencegah malware serta memblokir iklan yang mengganggu dan juga tracker atau sejenis pelacak.

Nah, itulah tadi beberapa aplikasi VPN terbaik 2022 yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat!

Tag : #vpn    #turbo vpn    #teknologi    #apps    #internet   

Baca Juga