Ilustrasi

Apple Kembalikan MagSafe dan Hapus Touch Bar di MacBook Pro 2021

Wanovy | Teknologi | 20-10-2021

Apple resmi merilis MacBook Pro 2021 terbarunya dalam acara yang bertajuk "Unleashed" yang digelar pada dini hari kemarin, Senin (18/10/2021). MacBook Pro 2021 diperkenalkan dengan dua model ukuran yakni 14,2 inci dan 16,2 inci.

Desain jajaran MacBook Pro 2021 ini pun mencuri perhatian. Pasalnya, untuk pertama kalinya Apple membubuhi poni alias notch dibagian atas layar MacBook itu.

Poni tersebut mirip seperti yang dimiliki iPhone. Dimana poni itu memuat kamera FaceTime yang kini beresolusi 1080p dengan sensor gambar yang lebih besar, dan chip pengolah gambar (ISP) untuk memproses hasil foto atau video.

Selain poni, Apple terkesan memilih untuk mengembalikan fitur yang hilang di MacBook Pro versi sebelumnya, seperti konektor pengisi daya MagSafe dan modul card reader SDXC.

Selain itu, Apple juga kini memilih melenyapkan fitur yang selama 5 tahun belakangan ini selalu ada di jajaran MacBook Pro, yaitu panel Touch Bar.

Hal tersebut dilakukan Apple untuk menghadirkan kembali sensasi sentuhan tombol mekanis pada deretan tombol Functions pada generasi terbaru MacBook Pro, seperti yang dikutip dari Wired, Selasa (19/10/2021).

Panel Touch Bar sendiri pertama kali hadir di MacBook Pro generasi 2016. Panel yang terletak di atas keyboard ini sedianya menggantikan deretan tombol Functions (F) fisik yang biasanya selalu setia menemani keyboard.

Touch Bar merupakan tombol sentuh yang dilengkapi dengan berbagai fungsi, seperti akses cepat ke Siri, bookmark di browser, memperlihatkan daftar emoji, navigasi, hingga mengedit foto. Tombol-tombol yang ada di Touch Bar sendiri dapat diatur sesuai keinginan pengguna.

Sеlаmа еnаm tаhun kе bеlаkаng, Aррlе dіѕеbut-ѕеbut lеbіh mеngеdераnkаn аѕреk dеѕаіn dеngаn bоdі muluѕ dаn tіріѕ раdа јајаrаn MасBооk Prо mіlіknуа.

Sehingga ѕааt mеlunсurkаn MасBооk Prо 2016, Aррlе mеmіlіh mеmаngkаѕ ѕеbаgіаn bеѕаr lubаng kоnеktоr уаng ѕеbеlumnуа аdа dі bоdі lарtорnуа. Mіѕаlnуа, mеnggаntіkаn konektor pengisi daya MagSafe dengan USB Type-C.

Tak hanya itu, Apple juga menghapus SD card reader. Ketika itu, hilangnya slot ini banyak dikritik karena sebenarnya masih dibutuhkan oleh para fotografer untuk transfer data.

Namun di tahun 2021 ini, Apple telah mengembalikan fitur yang sebelumnya hilang, yakni port MagSafe dan SD card reader di MacBook Pro 2021. Dengan kembalinya port MagSafe ke lini MacBook Pro maka pengguna harus melakukan pengisian daya dengan kabel adapter MagSafe, tak lagi menggunakan kabel USB Type-C.

Tag : teknologi, apple, macbook

Berita Terkait