Ilustrasi, foto: theverge.com

Apple Patenkan Desain Controller Buatan Sendiri, Mirip Nintendo Switch

Wanovy | Teknologi | 19-04-2022

PARBOABOA - Apple tampaknya secara perlahan mulai masuk ke dalam pasar game, dengan langkah pertamanya yaitu mengumumkan konten bernama Apple Arcade.

Tak hanya Apple Arcade, perusahaan bentukan Steve Jobs itu dikabarkan sedang mencari cara untuk masuk ke industri game.

Salah satu cara tersebut adalah dengan merilis kontroler game buatan mereka sendiri. Hal ini diketahui lewat paten terbaru yang telah Apple daftarkan.

Mengutip Patently Apple via 9to5Mac, Rabu (13/4/2022), perusahaan telah mendaftarkan paten terkait dengan kontroler game di Kantor Paten dan Merek Dagang AS.

Selain mendaftarkan di negara asal mereka, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga telah mememasukkan berkas mereka ke Kantor Paten Eropa dalam dua minggu terakhir ini.

Berdasarkan gambar paten yang didaftarkan tersebut, terlihat proyek kontroler buatan Apple ini masih dalam tahap eksperimental.

Berdasarkan desain yang dibagikan, terlihat bagaimana tim engineering Apple mengeksplore berbagai bentuk konsep dimana kontroler buatan Apple terlihat seperti Joy-Con Nintendo Switch.

Dalam dokumen yang diajukan, terlihat bahwa controller selanjutnya mampu ditempelkan di segi kiri dan kanan ponsel didalam posisi landscape. Controller selanjutnya nantinya juga akan mampu digunakan di tablet (iPad).

Model controller lainnya di dalam paten yang diajukan oleh Apple, terlihat didesain hanya untuk perangkat iPhone. Controller tersebut berguna sebagai casing yang bisa dilipat bersama dengan tombol di dalamnya.

Selain itu, casing tersebut termasuk akan miliki layar internal kecil untuk menampilkan konten game tambahan. Konsep controller yang ke-2 ini keluar menyerupai konsol handheld Nintendo DS.

Model controller lainnya dalam paten yang diajukan oleh Apple, nampak didesain khusus untuk perangkat iPhone.

Controller tersebut berfungsi sebagai casing yang dapat dilipat dengan tombol di dalamnya. Selain itu, casing tersebut juga akan memiliki layar internal kecil untuk menampilkan konten game tambahan. Konsep controller yang kedua ini terlihat menyerupai konsol handheld Nintendo DS.

Sedangkan controller model terakhir di dalam paten yang diajukan Apple, memiliki desain joystick yang klasik.

Dirangkum dari 9to5Mac, Senin (18/4/2022), controller model klasik ini nantinya akan dapat digunakan di iPhone, iPad, dan Mac melalui bluetooth.

Controller ini memiliki fitur khusus seperti mengaktifkan mode gaming pada perangkat atau menerima panggilan telepon yang masuk ketika bermain game.

Meski demikian, ketiga model controller tersebut sifatnya masih berupa paten. Sehingga masih ada kemungkinan desain tersebut batal direalisasikan oleh Apple.

Tag : #apple    #apple arcade    #teknologi    #controller    #nintendo switch   

Baca Juga