Buah yang mengandung Vitamin C

Bahan Makanan Penunjang Sistem Kekebalan Tubuh

rini | Kesehatan | 02-07-2021

Dalam masa pandemi sekarang salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah tertular penyakit adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita perlu mengkonsumsi bahan makanan bergizi. 

Kali kita akan membahas bahan makanan apa saja sih yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

1.   Konsumsi buah-buah yang mengandung vitamin C

    Jeruk adalah salah satu buah yang kaya akan Vitamin C yang paling banyak diketahui. Namun masih banyak lagi loh daftar bahan makanan lain yang mengandun vitamin C yaitu : jambu biji, markisa, manga,     pepaya, strawberi. Dan masih banyak lagi. 

    Di mana dalam tubuh vitamin C berguna untuk meningkatkan produksi darah putih untuk melawan infeksi. Tubuh tidak dapat mempoduksi atau menyimpan vitamin C jadi diperlukan konsumsi rutin untuk     menjaga kesehatan berkelanjutanya.  

2.   Rempah-rempah

    Jahe adalah rempah yang paling di cari setelah pandemi covid-19, karena jahe di percaya dapat menjadi  imunomodulator yang dapat mengembalikan keseimbangan imun. Namun jahe bukan obat covit ya. 

    Selain jahe, bawang putih dan kunyit juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3.   Yoghurt

    Yogurt merupakan produk olahan susu yang mengandung probiotik. Kandungan probiotik  memiliki efek antiperadangan, sehingga mencegah tubuh dari berbagai penyakit, seperti infeksi virus dan radang usus.

    Yoghurt yang diperkaya dengan vitamin D juga terlihat memiliki potensi dalam mencegah penyakit, misalnya flu.

4.   Almond

    Kacang almond mengandung vitamin E. Vitamin E termasuk antioksidan kuat sebagai kunci untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini bertugas membangun sel-sel di dalam tubuh sekaligus     melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa mengakibatkan inflamasi, penuaan, hingga kanker.

5.   Konsumsi beragam sayuran

    Sayuran mungkin makanan paling menyehatkan. Maka dari itu sejak kecil kita selalu di ajarkan untuk rajin makan sayuran. Misalnya brokoli, kangkung, banyak mengandung vitamin C juga. 

6.  Mengkonsumi bahan makanan berprotein

    Protein biasanya di dapat dari mengkonsumi daging, susu, telur, makanan laut. Dalam tubuh berperan sangat penting dalam pembentukan imun. protein sangat berperan penting dalam menyembuhkan sel-sel     yang rusak akibat adanya infeksi penyakit.

 

Tag : #kesehatan   

Baca Juga