Wali Kota Medan Bobby Nasution dan istri menjanguk bayi pengidap penyakit langka di Medan

Memprihatinkan, Bayi 7 Bulan di Medan Idap Penyakit Langka Atresia Bilier

rini | Daerah | 08-10-2021

PARBOABOA, Medan - Seorang bayi berusia 7 bulan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) Aiyla Adisty Hidayat menderita penyakit Atresia Bilier.

Atresia bilier adalah kondisi ketika saluran empedu pada bayi yang baru lahir tertutup sehingga menyebabkan cairan empedu menumpuk di dalam hati.

Karena penyakit itu, Aiyla sering meringis kesakitan. Bola matanya lesu dan menguning. Dadanya sesak karena sulit bernapas. Dia terpaksa dibantu tabung oksigen untuk bernapas.

Pengobatan Bayi Aiyla sempat terkendala karena orang tuanya tidak sanggup membayar biaya rumah sakit dan tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Bayi Aiyla mendapat perawatan di Rumah sakit Adam Malik setelah Bobby Nasution meminta camat Medan Area dan Kepala Dinas Kesehatan untuk membawa sang bayi ke RSUP Haji Adam Malik Medan.

Kondisi sang bayi yang memprihatinkan membuat Kahyiang Ayu istri Wali Kota Medan Bobby Nasution tak sanggup menahan air mata saat menjenguk bayi tersebut di RS Adam Malik.

Namun pengobatan di RS Adam Malik justru terkendala karena keterbatasan alat medis dan untuk pengobatannya harus dengan transplantasi hati yang sangat sulit untuk mendapat pendonor.

“Saat ini yang terus kita lakukan adalah mendoakan agar Aiyla diberi kesehatan, keluarganya diberikan kekuatan. Pembiayaan kita register ke Kota Medan," kata Bobby.

Bobby menyebut akan membantu mencari cara agar bayi Aiyla dapat memperoleh pengobatan dengan cepat.

Tag : #daerah    #kesehatan    #penyakit langka    #atresia bilier    #tranpalantasi hati   

Baca Juga