Bobby Nasution meninjau langsung lokasi Hotel Soechi sebelum menerima pasien isolasi

Bekas Hotel Soechi Diresmikan Jadi Tempat Isolasi Mandiri Gratis

rini | Kesehatan | 02-08-2021

PARBOABOA, Medan - Bekas Hotel Soechi diresmikan Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai tempat isolasi terpusat pasien covid-19 dengan gejala ringan dan orang tanpa gejala.

"Kita di sini berada di pusat isolasi, isoter (isolasi terpusat), yang dimiliki oleh Pemko Medan. Jadi hari ini total sudah ada 2 isoter yang dimiliki oleh Kota Medan. Yang hari ini baru kita lihat terakhir fasilitas, sebelum benar-benar menerima masyarakat kita yang harus diisolasi terpusat," kata Bobby kepada wartawan, di bekas Hotel Soechi, Medan, Minggu (1/8/2021).

Selain gedung bekas hotel ini, Pemko Medan menyulap gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) menjadi pusat isolasi.

Diungkapkan, pihaknya mempersilakan warga yang ingin mendapat pelayanan dengan baik agar mendatangi eks-Hotel Soechi itu, agar menjalani isolasi terpadu secara nyaman dan mendapat perawatan maksimal.

ďApapun alasannya,gejala ringan maupun OTG kita wajibkan masuk isolasi terpadu. OTG ini sebenarnya yang berpotensi menyebarkan Covid-19 lebih tinggi dari pada yang bergejala ringan. Sebab, yang bergejala ringan biasanya di rumah istirahat, namun yang OTG, sehari dua hari istirahat di rumah, namun karena bosan dan merasa tidak ada apa-apa kemudian cari makan ke luar. Apalagi saat ini sudah diperbolehkan 20 menit makan di tempat, kita tidak tahu orang yang berada di sebelah kita ternyata OTG,Ē ungkapnya.

Bobby Nasution memastikan bagi pasien yang menjalani isolasi di eks-Hotel Soechi ini tidak akan dipungut biaya alias gratis.

"Biayanya gratis, enggak ada biaya sama sekali. Semuanya dari makan, vitamin, obat-obatan lengkap. Kita khususkan yang di dalam sini obat-obatan enggak boleh ada orang luar beli obat-obatan di sini," ujarnya.

Selain kamar, lanjut Bobby, tempat olahraga seperti lapangan basket, kolam renang menjadi tempat khusus berjemur dan alat-alat olahraga juga telah disiapkan.

"Upaya maksimal menangani warga yang terpapar Covid-19 terus dilakukan. Mari kita berusaha maksimal dan berdoa agar Medan secepatnya bebas dari Covid-19 dan kehidupan kembali normal," ajak dia.

Nantinya tempat isolasi terpadu ini akan diawasi oleh tenaga kesehatan agar kondisi pasien terpantau dengan baik, sehingga mengurangi kematian pasien saat menjalani isolasi mandiri.

Tag : #daerah    #kesehatan   

Baca Juga