Seruan Aksi Demo BEM UI (dok tangkapan layar akun Instagram bemui-official)

BEM UI Bakal Demo Besok di Patung Kuda Bawa 7 Tuntutan

Rini | Nasional | 20-04-2022

PARBOABOA, Jakarta - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari Universitas Indonesia (UI) akan menggelar demo di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (21/4) besok. Aksi ini bertajuk “Seruan Aksi Sidang Rakyat : Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Informasi mengenai demo ini diketahui melalui unggahan di akun Instagram BEM UI, dimana disebutkan jika aksi ini akan dilakukan dengan membawa 7 tuntutan, salah satunya adalah penolakan perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi.

Kemudian mengenai kenaikan harga bahan pokok, ketimpangan ekonomi, dan berbagai polemik lainnya yang disebabkan ketidaktegasan dan ketidaktepatan kebijakan pemerintah.

"Bersama kita jaga konstitusi dan mengkritisi kondisi negara dengan menyuarakan tujuh tuntutan rakyat yang akan dibawa melalui aksi massa," demikan tulis BEM UI, dikutip Rabu (20/4).

Aksi ini akan dimulai jam 08.00 WIB, dimana para peserta diminta untuk berkumpul di Lapangan FSIP UI. Namun jumlah massa yang akan turun dalam aksi besok tidak disebutkan.

Pihak Polda Metro Jaya juga telah menerima pemberitahuan adanya demo tersebut, sehingga sejumlah personel polisi akan diturunkan ke lokasi untuk mengawal aksi demo tersebut.

"Polda Metro Jaya sudah menyiapkan pengamanannya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

Sebelumnya Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) juga menggelar aksi serupa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada 11 April lalu.

BEM SI juga mengeluarkan sejumlah tuntutan, termasuk menolak perpanjangan masa jabatan presiden. Sayangnya aksi damai tersebut dicederai sekelompok orang tak bertanggung jawab dengan mengeroyok Dosen UI, Ade Armando yang hadir di lokasi aksi.

Tag : #bem ui    #demo mahasiswa    #nasioanal    #7 tuntutan bem ui    #patung kuda    #aksi demo    #tolak penundaan pemilu    

Baca Juga