Jaringan 5G

Beralih ke Jaringan 5G

rini | Teknologi | 03-07-2021

Jaringan 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dari generasi sebelumnya, 4G. Hadirnya 5G untuk memberikan kecepatan data sebesar 10 hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada saat ini

Bahkan jaringan 5G menjanjikan kecepatan data internet setara dengan Wi-Fi. Misalnya, dengan internet 5G, pengguna bisa mengunduh film ke ponsel atau tablet dalam hitungan detik.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengumumkan tiga operator seluler yang memenuhi syarat dan lolos seleksi administrasi untuk mendapatkan lisensi pita frekuensi 2,3 GHz pada rentang 2360-2390 MHz. Frekuensi yang terdiri dari tiga blok ini nantinya dapat digunakan untuk menyelenggarakan jaringan 5G di Indonesia.

Telkomsel secara resmi menerima SKLo dari Keminfo pada 24 mei 2021.

SKLO ini menjadi bukti bahwa Telkomsel secara sah dan resmi sudah memenuhi seluruh persyaratan dan regulasi yang berlaku dan menjadi operator pertama yang dapat mengoperasikan layanan 5G secara komersial di Indonesia. Kami mengucapkan apresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Bapak Menteri beserta jajaran di Kementerian Kominfo RI, untuk bersama mengawal pelaksanaan uji layak operasi 5G bagi Telkomsel, dan menginsipirasi kami dalam menjalankan rencana strategis pemerintah dalam pengembangan teknologi terbaru sebagai bagian dari akselerasi pemerataan ekosistem broadband dan digital yang inklusif di Indonesia. Ungkap Direktur utama Telkomsel Setyanto Hantoro.

Seperti diketahui, Smartfren pada 22 April 2021 adalah salah satu dari dua pemenang selain Telkomsel dalam lelang frekuensi 2,3 GHz yang digelar Kementerian Kominfo. Smartfren mendapatkan 10 Mhz, dari 30 MHz blok kosong yang diperebutkan.

PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo menyusul Telkomsel untuk menggelar layanan 5G seiring telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Kemenkominfo melalui Ditjen SDPPI, telah mengeluarkan SKLO layanan 5G kepada PT Indosat Ooredoo Tbk," kata Menteri Kominfo, Johnny G Plate dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual, Senin (14/6/2021) melalui kanal YouTube Kemkominfo TV.

Sedanglan untuk XL-Axiata, kominfo akan melaksanakan uji coba pada bulan juli.

"Rencananya, ULO akan dilaksanakan pada bulan Juli. Saat ini, XL sedang mempersiapkan dokumen kelengkapan yang diperlukan," ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi .

 

Tag : #teknologi   

Baca Juga