Ilustrasi (Shutterstock)

Biadap! Gegara Ribut Belasan Murid Dihukum Guru Memakan Sampah

Martha | Hukum | 28-01-2022

PARBOABOA, Buton – Seorang oknum guru (MS) di SDN 50 Buton di Desa Wining, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Selawesi Tenggara. Guru tersebut tega menghukum sejumlah murid dengan menyuruh memakan sampah plastik.

Kejadian ini terjadi pada Jumat (21/1), saat MS sedang mengajar di kelas 4.

Awalnya, para murid tersebut ribut kerena gurunya belum datang. Diketahui juga mereka ribut karena sedang menyiapkan kejutan untuk wali kelas mereka yang tengah berulang tahun.

Kemudian MS yang risih dengan suara ribut murid tersebut, ia masuk dan menghimbau agar mereka diam karena di kelas 4 sedang proses belajar mengajar.

Namun kelas 3 tersebut ribut kembali, MS kembali datang dan langsung menutup pintu. Kemudian ia menyuruh seorang siswa untuk mengambil bungkusan bekas di tempat sampah.

“Dia (guru MS) ambil sampah dan kasih makan kami. Sampah itu dia ambil dari tempat sampah, sampah plastik,” ujar salah satu siswa berinisial DS, saat ditemui di rumahnya dan di dampingi orangtua, Rabu (26/1/2022).

Dari kejadian itu membuat DS trauma dan tidak ingin pergi kesekolah. “Gak mau kesekolah, gurunya jahat. Ada 16 orang yang disuruh makan. Disuruh masukkan kemulut,” kata DS.

Orang tua dari DS, FL mengatakan bahwa guru tersebut sudah kelewatan untuk menghukum seorang murid. Harusnya sebagai guru, MS mendidik murid dengan baik.

Orang tua murid tersebut yang tak terima anaknya diperlakukan seperti itu. Ia terpaksa akan melaporkan guru tersebut ke pihak kepolisian di Polres Buton.

Kasat Reskrim Polres Buton AKP Aslim membenarkan pihaknya telah menerima laporan itu dan telah meminta keterangan dari DS maupun bapaknya.

“Kami akan lakukan dulu pendalaman terhadap kasus itu untuk menentukan tindak pidana apa yang akan dikenakan kepada pelaku,” ucap Aslim.

Pihak sekolah juga sempat melakukan mediasi dengan memanggil para orang tua murid dan mempertemukannya dengan MS. Tapi sayang, mediasi tersebut berakhir buntu, karena beberapa orang tua murid tidak terima anaknya diperlakukan tak manusiawi oleh MS.

Tag : #guru    #sd    #guru hukum murid makan sampah    #buton   

Baca Juga