Timnas Basket Indonesia Marques Bolden (Dok: tribunnews.com)

Timnas Basket Indonesia Tundukkan Arab Saudi, Bolden Tuai Banyak Pujian

Dimas | Olahraga | 13-07-2022

PARBOABOA, Jakarta - Timnas Basket Indonesia telah selesai bertanding melawan Arab saudi di laga perdana Grup A FIBA Asia Cup 2022. Alhasil, Marques Bolden dkk berhasil menang 80-54 atas timnas Arab Saudi.

Berlaga di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (12/7), timnas basket Indonesia mampu menekan lawan sejak kuarter pertama. Pelatih timnas diketahui menurunkan Brandon Jawato, Derrick Michael, Andakara Prastawa, Abraham Damar, dan Marques Bolden sebagai starter.

Dalam pertandingan itu, Marques Bolden menjadi primadona dan mendapat banyak pujian usai membukukan 32 poin. Pemain kelahiran Texas tersebut juga melakukan 16 rebound dan 6 blok, yang membuat Arab Saudi sangat kewalahan.

Mohammed Mounir, selaku pelatih Arab Saudi menilai kehadiran Bolden sangat mempengaruhi perkembangan permainan Indonesia. Pasalnya, kehadiran Bolden tersebut dinilai jadi perbedaan yang membuat tim asuhannya tak bisa berbuat banyak.

"Laga ini jadi bukti bahwa perbedaan sedikit bisa membawa perubahan besar, dan hadirnya [Marques] Bolden membawa perubahan besar bagi Indonesia," kata Mounir saat jumpa pers seusai laga.

"Saya lihat statistik Bolden sangat bagus. Itu adalah buktian pengaruhnya. Selamat bagi Indonesia dan kami ke depannya akan berusaha lagi di dua laga tersisa," ucapnya menjelaskan.

Senada dengan Mounir, salah satu pemain timnas Arab Saudi yakni Ayoub Al Hawsawi juga berikan pujian kepada Bolden. Ia menyebutkan bahwa Bolden adalah pemain kunci timnas Indonesia.

Ia mengaku, dirinya bersama rekan setim telah berusaha keras membendung Bolden, namun hal itu ternyata tidak berhasil.

"Kami sudah mencoba untuk bangkit, kami mencoba untuk menjaga Bolden, dan itu tidak cukup. Namun ada hal positif bagi kami di laga ini. Kesalahan di laga ini akan jadi bahan evaluasi bagi kami," katanya.

"Bolden sangat hebat. Saya setuju dengan pelatih, kami menerapkan zone defense untuk dia. Dia sangat mendominasi, tetapi rencana kami tidak berjalan. Namun kami yakin di laga selanjutnya."

Terakhir, Kapten Timnas Indonesia Arki Dikania Wisnu juga menyebutkan bahwa kehadiran Bolden dapat membuat kepercayaan diri pemain menjadi meningkat. Ia juga memberikan pujian dengan menyebutkan bahwa Bolden adalah kepingan yang telah kembali.

"Bolden adalah bagian dari penting dalam laga ini, dan dia adalah kepingan yang hilang dari tim kami [saat Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023]," ucap pemain berkepala plontos tersebut.

"Ditambah Derrick kami jadi kuat secara defense dan offense. Saat defense dia bisa membantu Derrick melawan big man tim lawan. Dia punya peran penting di tim ini. Dia melengkapi apa yang hilang," katanya.

Tag : #fiba asia cup 2022    #timnas basket indonesia    #olahraga    #basket    #arab saudi    #marques bolden   

Baca Juga