Bursa Transfer: Chelsea Sepakati Penjualan Ian Maatsen ke Aston Villa

Chelsea dikabarkan telah menyetujui kesepakatan dengan Aston Villa untuk menjual bek kiri Ian Maatsen. Bek asal Belanda ini sebelumnya bermain di final Liga Champions bulan lalu saat membela Borussia Dortmund. (Foto: Instagram/@maatsen_)

PARBOABOA – Chelsea dikabarkan telah menyetujui kesepakatan dengan Aston Villa untuk menjual bek kiri Ian Maatsen. Bek asal Belanda ini sebelumnya bermain di final Liga Champions bulan lalu saat membela Borussia Dortmund.

Maatsen pindah ke Borussia Dortmund dengan status pinjaman pada bulan Januari dan langsung menjadi bagian penting dari tim yang mencapai final Liga Champions di Wembley.

Meski Dortmund akhirnya dikalahkan oleh Real Madrid, Maatsen berhasil menunjukkan performa impresif selama masa pinjamannya.

Dortmund sempat berusaha untuk mengubah status pinjaman Maatsen menjadi transfer permanen. Namun, klub Jerman tersebut kesulitan untuk memenuhi harga yang diminta Chelsea.

Meskipun Maatsen telah membuktikan dirinya di level tertinggi, Chelsea akhirnya memutuskan untuk menjualnya ke Aston Villa.

Aston Villa Jadi Pelabuhan Baru

Menurut laporan The Athletic, Aston Villa telah setuju untuk membeli Maatsen dengan harga 37 juta poundsterling. Klub tersebut juga sedang menyelesaikan persyaratan kontrak enam tahun yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Kontrak Maatsen di Chelsea sebelumnya diperpanjang saat ia bergabung dengan Dortmund dengan status pinjaman dan akan berakhir pada musim panas 2026, yang berarti ia akan memasuki dua tahun terakhir kontraknya.

Lika-Liku Karier Maatsen

Maatsen, yang memiliki darah Indonesia, membuat 15 penampilan untuk Chelsea pada paruh pertama musim sebelum pindah ke Dortmund.

Di Bundesliga dan Liga Champions, Maatsen langsung masuk ke dalam susunan pemain inti Dortmund.

Bergabung dengan Chelsea pada usia 16 tahun, Maatsen, yang kini berusia 22 tahun, telah mengalami perkembangan yang luar biasa meskipun menghadapi berbagai tantangan di London barat.

Selama musim 2021/22 dan 2022/23, Maatsen dipinjamkan ke klub Championship dan berhasil memenangkan divisi tersebut di musim terakhir bersama Burnley.

Namun, banyak yang bertanya-tanya mengapa ia tidak bisa tampil konsisten di Chelsea, terutama saat Marc Cucurella dan Ben Chilwell absen karena cedera.

Kembali ke Liga Champions bersama Aston Villa

Kini, Maatsen akan kembali berkompetisi di Liga Champions bersama Aston Villa, yang finis di posisi keempat di Premier League dan lolos ke kompetisi tertinggi Eropa untuk pertama kalinya dalam lebih dari 40 tahun.

Villa diperkirakan akan menjual salah satu dari bek kiri mereka, Alex Moreno atau Lucas Digne, untuk mengakomodasi kedatangan Maatsen di bursa transfer musim panas ini.

Penjualan ini menandai langkah signifikan dalam karier Maatsen dan menjadi berkah bagi Aston Villa yang mendapatkan pemain berbakat dengan pengalaman di level tertinggi.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS