Cara buat avatar di Instagram, foto: Online Guide

Fitur Baru, Begini Cara Membuat Avatar di Instagram

Wanovy | Teknologi | 17-05-2022

PARBOABOA - Belum lama ini Instagram merilis fitur Avatar secara terbatas di beberapa negara. Kini fitur tersebut telah tersedia di Indonesia meski belum tersebar ke semua pengguna secara merata.

Fitur ini pertama kali dikenalkan oleh Head of Instagram Adam Mosseri pada awal Februari lalu.

Dalam videonya, Mosseri mengatakan Avatar akan menjadi kunci untuk mengenalkan identitas pengguna di metaverse

"Internet akan berkembang menjadi pengalaman yang lebih imersif, sesuatu yang kita sebut metaverse," kata Mosseri dalam videonya di Instagram.

"Dan jika kalian ingin berada di dunia virtual ini, identitas kalian harus diperlihatkan. Dan di situlah Avatar hadir. Itu akan menjadi perwakilan visual kalian dan lebih dinamis ketimbang profil," sambungnya.

Apa itu avatar?

Avatar di sini adalah sebuah animasi tiga dimensi yang bisa dibuat mirip dengan pengguna, mulai dari warna kulit, bentuk wajah, pakaian, dan lainnya. Jadi mirip dengan game The Sims, Anda bisa membuat karakter animasi sendiri.

Apa fungsi Avatar Instagram? Saat Anda sudah selesai membuat animasi Avatar sendiri, maka Avatar ini bisa digunakan sebagai sticker pada unggahan Instagram Story maupun pada DM Instagram. Di sini akan tersedia pilihan karakter Avatar Instagram dengan berbagai gaya.

Di aplikasi Facebook, Avatar juga memiliki fungsi yang sama, bisa digunakan pada unggahan status.

Menurut Head of Instagram, Adam Mosseri fitur Avatar ini ke depannya akan digunakan sebagai karakter unik di dunia Metaverse buatan Meta (Facebook Inc).

Lantas, bagaimana cara buat avatar di Instagram?

Berikut ini cara buat avatar di Instagram yang bisa kamu coba untuk bagikan ataupun kirim ke DM teman-temanmu.

1. Masuk ke halaman Profile Instagram, dan tekan ikon tiga garis yang ada di sudut kanan atas tampilan layar.

2. Di menu yang muncul dari bawah layar, pilih menu Settings.

3. Di halaman baru, pilih menu Account, kemudian Anda akan melihat menu bertuliskan Avatar untuk dipilih.

4. Menu Avatar akan menyediakan langkah untuk membuat karakter animasi dari awal, apabila suatu hari nanti Anda ingin mengganti bentuk Avatar yang sudah dibuat maka cukup masuk lagi ke menu ini.

5. Ikuti semua langkah proses pembuatan animasi Avatar Instagram, di bagian akhir sebelum menyimpannya Anda akan ditawarkan pilihan oleh Instagram untuk menggunakan Avatar yang sama di aplikasi Facebook.

Kini Avatar Instagram Anda sudah jadi, bagaimana cara pakainya? Mudah, Anda cukup lakukan langkah yang sama seperti saat ingin upload foto atau video ke Instagram Story.

Sebelum selesai upload atau publish, tekan ikon Sticker di sudut kanan atas dan tekan ikon Avatar. Anda akan disajikan beragam ekspresi dan pose dari animasi Avatar Instagram yang sudah Anda buat.

Mudah bukan? Demikian informasi mengenai cara buat avatar di Instagram serta membagikannya lewat DM dan Stories. Selamat mencoba!

Tag : #avatar    #instagram    #tips    #teknologi    #apps    #meta    #facebook   

Baca Juga