Ilustrasi cara cek kartu vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi

Cara Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindung di HP

Wanovy | Teknologi | 08-01-2022

PARBOABOA - Cara cek sertifikat vaksin perlu diketahui masyarakat yang sudah divaksinasi baik dosis satu maupun dua. Sebab, berbagai kegiatan di ruang publik saat ini menggunakan sertifikat vaksin sebagai salah satu cara screening.

Sertifikat vaksin merupakan tanda bukti untuk seseorang yang telah divaksin Covid-19. Namun, sayangnya tak semua orang melek akan teknologi dan bisa mengaksesnya.

Padahal, saat ini sertifikat vaksin menjadi dokumen penting bagi masyarakat. Mengingat sertifikat ini menjadi syarat utama pada beberapa sektor. Misalnya untuk bepergian dengan pesawat atau kereta, masuk mall, hingga saat memasuki kawasan wisata.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah melakukan suntik vaksin Covid-19 tapi belum memiliki sertifikat, sebaiknya langsung segera mengurusnya.

Sebab, penggunaan sertifikat vaksin Covid-19 masih sangat dibutuhkan. Jika sudah menjalani dua tahap vaksinasi Covid-19, maka ada dua sertifikat yang akan diberikan.

Untuk mengecek sertifikat vaksin, pengguna dapat melihatnya di aplikasi PeduliLindungi baik via handphone (HP) Android dan iPhone. Cara cek sertifikat vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi di HP juga bisa dilakukan.

Sebagai informasi, aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19.

Aplikasi ini juga memiliki sejumlah fitur, seperti sertifikat vaksin, hasil tes Covid-19, EHAC, aturan perjalanan, teledokter, pelayanan kesehatan, statistik Covid-19, dan daftar vaksin.

Nah, bagi Anda yang belum tahu. Berikut ini cara cek sertifikat vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi di HP.

Cara cek sertifikat vaksin tanpa aplikasi

Untuk mengecek sertifikat vaksin, Anda bisa melakukannya tanpa aplikasi PeduliLindungi, yakni melalui SMS atau situs PeduliLindungi.

Berikut tahapan mengecek sertifikat vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi:

SMS

Setelah mendapatkan vaksin Covid-19, masyarakat akan dikirimkan SMS ke nomor terdaftar melalui 1199. SMS itu berisi link sertifikat vaksin, klik tautan itu untuk mengecek sertifikat.

Browser PeduliLindungi

Apabila Anda tidak mendapat SMS dan tidak mengundung aplikasi PeduliLindungi, Anda juga bisa melakukan cara cek sertifikat vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi melalui browser berikut ini.

1. Buka situs pedulilindungi.id di browser HP Anda.

2. Kemudian masuk atau login menggunakan nomor ponsel atau e-mail Anda.

3. Anda akan menerima kode OTP untuk konfirmasi.

4. Klik ikon akun Anda yang berada pada pojok kanan atas.

5. Kemudian pilih “Sertifikat Vaksin”

6. Selanjutnya akan tampil sertifikat vaksin Anda, dan bisa langsung men-downloadnya.

7. Baik melalui aplikasi atau laman pedulilindungi.id, Anda tak hanya dapat mengecek sertifikat vaksin tapi juga riwayat dan tiket vaksin.

Itulah cara cek sertifikat vaksin tanpa aplikasi PeduliLindungi di HP yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Tag : #sertifikatvaksin    #vaksincovid19    #caraceksertifikat    #downloadsertifikat   

Baca Juga