daftar riwayat hidup tulis tangan (dok. Youtube Viki channel)

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Regina | Pendidikan | 24-05-2022

PARBOABOA – Daftar riwayat hidup atau CV adalah hal yang paling penting untuk seseorang melihat dan mengenal kita dalam sekilas. Biasanya digunakan untuk hal formal maupun semi formal.   Apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup?

Secara umum, daftar riwayat hidup adalah berupa dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. Selain contoh surat lamaran kerja tulis tangan, para pencari kerja beberapa tahun lalu juga banyak mencari contoh daftar riwayat hidup tulis tangan.

Adapun contoh daftar riwayat hidup tulis tangan, beberapanya digunakan untuk urusan yang semi formal. Sebelumnya, apakah kalian tau kebanyakan dari kegunaan CV ini? Tidak lain digunakan untuk menunjukkan spesifikasi tentang anda, seperti tanggal lahir, tempat tinggal, pendidikan terakhir, serta pengalaman kerja yang telah anda lakukan.

Ada beberapa perusahaan yang menginginkan CV tulis tangan atau juga yang diketik. Kali ini mari kita bahas daftar riwayat hidup tulis tangan lebih dalam.

Kenapa beberapa perusahaan masih menerima calon karyawan yang menggunakan daftar riwayat hidup tulis tangan? Karena beberapa perusahaan ingin melihat seberapa besar usaha seseorang dalam melamar pekerjaan.

Terkadang, karena terlalu ingin cepat, tak sedikit lho calon pelamar melakukan copy paste  milik orang lain lalu melampirkannya sebagai miliknya, atau juga, beberapa mengupah orang lain untuk membuat miliknya.

Lalu, bagaimana cara menulis daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Dalam menulis daftar riwayat hidup tulis tangan maupun tidak, kalian harus memperhatikan beberapa hal. Kadang, penempatan subjek bisa saja mempengaruhi penilaian orang lain terhadap kita.

Adapun urutan cara mengisi daftar riwayat hidup adalah seperti berikut :

1. Data Diri.

Kalian harus melampirkan data diri kalian terlebih dahulu dengan baik dan jelas. Dokumen tidak akan berguna jikalau tidak ada data diri kalian didalamnya. Data diri berupa tentang siapa kalian dan keterangan hidup kalian.

Kalian bisa mencantumkan nama, tanggal lahir atau usia serta tempat tinggal untuk memperjelas perusahaan ditempat kamu melamar mengenal kamu lebih jelas.

2. Pendidikaan

Pendidikan termasuk salah satu persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan membatasi latar pendidikan para rekruitmen, maka dari itu didalam daftar riwayat hidup, kalian harus memperjelas latar pendidikan kalian ya. Seminimal mungkin 2 pendidikan terakhir yang anda jalani.

3. Pengalaman Kerja

Didalam dokumen perkenalan ini, kalian boleh memasukkan daftar riwayat hidup, boleh juga tidak. Kenapa?

Hal itu dikarenakan ada beberapa perusahaan yang tidak membutuhkan pengalaman kerja, ada juga yang menetapkan pengalaman kerja para pelamar menjadi syarat  rekrutmen.

4. Keterangan Tambahan

Untuk menarik perhatian perusahaan, kalian boleh mencantumkan keterangan tambahan.  Adapun contoh dari keterangan yang boleh dimasukkan seperti  pengalaman organisasi  yang kamu ikuti selama masih sekolah atau kuliah. Seminar-seminar yang kalian hadiri juga bisa lho kalian cantumkan.

Usahakan kalian mengisi dengan tepat dan benar ya. Dokumen kalian akan menjadi lebih menarik untuk dilihat lho jadinya.

5. Tempat, Tanggal Penulisan dan Tanda Tangan

Diakhir, kalian bisa mencantumkan tempat kalian menulis resume atau tempat perusahaan yang dituju. Jangan lupa kalian juga harus menulis tanggal CV kalian ditulis diikuti dengan tanda tangan agar dokumen resume kalian menjadi resmi.

Jikalau ingin semakin sah, tambahkan materai di dokumen resume milikmu.

Demikian artikel ini, guna untuk membantu kalian dalam membuat CV yang gampang dan mudah, serta dalam bentuk tulisan tangan. Semoga bermanfaat yaa.

Tag : #Daftar riwayat hidup    #pekerjaan    #pendidikan    #ilmu pengetahuan   

Baca Juga