Ilustrasi cara membuat dan menjual NFT

Cara Membuat dan Menjual NFT yang Lagi Viral, Pasti Cuan!

Wanovy | Teknologi | 13-01-2022

PARBOABOA - Cara membuat NFT ternyata sangat mudah dan sederhana. Cocok buat kamu yang ingin menjual NFT art, games, atau berkas digital lainnya menjadi passive income yang menjanjikan.

Apa sih NFT itu? NFT atau token non-fungible, adalah koleksi unik yang disimpan di buku besar digital yang dikenal sebagai blockchain. Jadi, jika kamu adalah seorang seniman atau desainer, kamu pun dapat mencoba dan membuat NFT yang dapat kamu sebut milikmu sendiri.

Singkatnya, NFT merupakan karya yang bisa dinikmati dan memiliki sertifikat yang disebut blockchain yang berfungsi untuk mengidentifikasi orisinalitasnya, dengan begitu kamu dapat membedakan antara yang asli atau replika.

Di mana pada dasarnya semua karya itu berbentuk data yang berupa blockchain dan memberikan kesempatan bagi kolektor untuk memiliki koleksi digital. Setiap item dapat dilacak ke penerbit aslinya.

Lantas, bagaimana cara membuat NFT dan bagaimana pula cara menjual NFT? Tenang, berikut ini sudah kami rangkum dengan jelas tata caranya. Yuk, simak.

Cara membuat NFT untuk pemula

1. Buat karya NFT

Langkah paling pertama dalam membuat dan menjual NFT yang harus kamu lakukan jika ingin membuat NFT sendiri adalah mulai mencari aset-aset unik yang layak untuk dijadikan NFT.

Apa saja sih? Bisa berasal dari lukisan bikinanmu sendiri, foto, musik, video game, bahkan hingga koleksi meme, GIF.

Pastikan kamu sudah memiliki hak kekayaan intelektual atas barang-barang pribadimu sebelum mengubahnya menjadi NFT. Dengan demikian, kamu tidak akan mendapat permasalahan hukum dan legalitas yang berkaitan dengan barang tersebut.

2. Siapkan wallet

Cara membuat NFT sebetulnya relatif mudah. Bahkan, seseorang tidak harus mahir dan berpengetahuan luas mengenai industri kripto untuk dapat membuat NFT.

Untuk membuat NFT, maka cara paling pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan blockhain untuk mengeluarkan NFT tersebut.

Karena Ethereum memiliki ekosistem NFT terbesar. Pengguna perlu memiliki wallet Ethereum yang mendukung ERC-721 (standar token NFT berbasis Ethereum), seperti MetaMask, Trust Wallet, atau jenis wallet lainnya. Dengan begitu, nantinya kamu dapat membuat karya seni, musik, atau video NFT kamu sendiri di blockchain Ethereum.

3. Tentukan platform

Cara membuat NFT selanjutnya, kamu perlu memilih platform untuk menghubungkan wallet kamu dan untuk mengunggah gambar atau file pilihan yang nantinya akan diubah menjadi NFT. Di bawah ini adalah sejumlah platform marketplace NFT Ethereum, yang bisa dijadikan pilihan.

- OpenSea

- Rarible

- Mintable

Ketiga platform di atas memungkinkan kamu untuk membuat NFT sendiri, sebelum nantinya harus mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi artis yang terdaftar di platform tersebut.

4. Upload Aset dan Atur Harga Jual-Beli

Sudah punya aset untuk dijual, blockchain, dompet NFT, hingga pasar NFT? Saatnya kamu mendaftar dan mengupload asetmu ke dalamnya.

Nantinya, semua barang yang kamu unggah (entah itu berformat PNG, GIF, MP3, dan sebagainya) akan diubah bentuknya menjadi aset digital NFT.

Setelah mengunggah aset ke marketplace, kamu harus melakukan beberapa hal krusial yang sangat penting agar bisa cuan. Berikut uraian singkatnya.

Jual dengan Harga yang Kompetitif: Atur harga yang terjangkau namun kompetitif dengan aset orang lain. Hal ini penting untuk menarik calon pembeli.

Atur Batas Waktu Lelang: Dengan memberikan batas deadline waktu lelang, para calon pembeli memiliki target untuk ikut penawaran terbuka (open bidding).

Mulai Lelang Tanpa Batas Waktu: Kamu juga bisa membuka pelelangan aset NFT tanpa adanya jangka waktu. Dengan demikian, kamu juga diberi kebebasan untuk menutupnya kapanpun kamu mau.

Cara Membuat dan Menjual Karya Seni NFT

Sebagai contoh, berikut ini cara membuat dan menjual NFT melalui salah satu tempat pemasaran online populer, yaitu OpenSea.

- Siapkan dompet digital (wallet) dengan tujuan untuk menyimpan NFT dan uang kripto (crypto).

- Buka OpenSea lalu arahkan kursor pada ikon profil di kanan atas untuk mengisi “My Profile” (Profil Saya).

- Siapkan akun OpenSea.

- Lalu, klik “Sign in” dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan penyiapan akun.

- Setelah akun OpenSea berhasil disipkan, kamu kini dapat melihat halaman akunmu.

- Lalu arahkan kursor pada tulisan “Create” di kanan.

- Setelah itu pilih “My Collections”.

- Kemudian hubungkan dompet digital dengan OpenSea.

- Masuk ke halaman “My Collections”.

- Lakukan pengaturan pada halaman “My Collections” sebagai tempat menjual item-item.

- Pada bagian bawah tulisan “Create new collection”, pilih “Create” lalu masukkan detail untuk koleksimu.

- Lalu, tambahkan karya barumu.

- Setelah selesai, klik “Add New Item” lalu kamu akan diminta untuk mengupload metadata seperti gambar, video, file audio dan kemudian beri nama pada NFT.

- Klik “Last Create”, klik lagi “Create” dan sekarang seni digital NFT kamu sudah siap.

Nah, kini kamu dapat mendaftarkan koleksi dari karya senimu dalam bentuk gambar, video dan lainnya untuk dijual di OpenSea

Akan tetapi perlu diingat bahwa penjual pertama kali harus membayar gas fee. Biaya tersebut untuk transaksi blockchain Ethereum sebelum mencantumkan apa pun untuk mendapat sertifikat.

Demikianlah cara membuat NFT dan cara menjual NFT yang bisa kamu coba, pasti cuan! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tag : #kripto    #nft    #blockhain    #etherum    #karya seni digital   

Baca Juga