Ilustrasi

Penyebab dan Cara Memperbaiki WiFi Laptop yang Tidak Bisa Connect Windows 10

Wanovy | Teknologi | 11-08-2022

PARBOABOA - Cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect Windows 10 sangat mudah. Anda bisa memperbaikinya dengan cara mengaktifkan beberapa fitur tertentu.

Pada masa digital seperti sekarang, internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi. Untuk memiliki jaringan internet, maka harus menggunakan WiFi.

Beberapa tempat yang menggunakan WiFi memiliki kecepatan internet yang berbeda. Bahkan, ada pula yang menggunakan password.

Jika sudah memiliki password WiFi tetapi tidak berhasil terhubung dengan jaringannya, kemungkinan ada kesalahan pada laptop atau WiFi tersebut.

Berikut adalah penyebab laptop dan cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect Windows 10.

Penyebab laptop tidak bisa connect WiFi

Ada banyak faktor yang menyebabkan komputer/ laptop tidak bisa connect WiFi, bisa karena kesalahan pengaturan jaringan hingga kerusakan adapter WiFi.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penyebabnya berikut ini.

- Lampu indikator Wireless Network tidak menyala atau menyala dengan warna merah – Anda perlu pastikan bahwa lampu indikator Wireless Network pada komputer/ laptop Anda sudah menyala.  Jika tidak menyala artinya tidak aktif, sedangkan menyala dengan warna merah kemungkinan terjadi kerusakan pada hardware Adapter yang ada di dalam laptop.

- Kesalahan pengaturan jaringan – Ada kemungkinan Anda salah dalam mengatur jaringan seperti pengaturan Proxy, Alamat IP (Internet Protocol), dan sejenisnya. Atau bisa jadi ada beberapa pengaturan default jaringan yang Anda ganti atau ubah sehingga membuat WiFi tidak terhubung.

- Adapter WiFi dalam keadaan disable Kemungkinan adapter WiFi tidak aktif (disable). Untuk memastikannya, Anda bisa cek pada fitur Network Connections yang ada di Windows 10, 8, dan 7.

- Driver Adapter WiFi tidak terinstall, hilang, atau error – Untuk memastikan adapter WiFi terinstall atau tidak, Anda bisa cek melalui Device Manager kemudian lihat bagian Network Adapters.

- Mode pesawat terbang (airplane mode) dalam keadaan aktif – Jika Anda ingin terhubung ke jaringan WiFi, pastikan mode pesawat dalam keadaan nonaktif (off).

- Salah memilih jaringan WiFi yang tersedia – Kemungkinan Anda salah memilih jaringan WiFi yang ada di daftar. Bisa jadi jaringan WiFi tersebut memang bermasalah atau tidak diperuntukkan untuk pengguna publik.

- Salah memasukkan password WiFi – Kesalahan dalam memasukkan password WiFi atau ada kemungkinan password WiFi telah berubah juga membuat WiFi tidak dapat terhubung (connect).

- Masalah pada modem, access point, atau router Kemungkinan access point atau router sedang bermasalah, error, atau bahkan rusak. Anda perlu pastikan lampu indikatornya menyala atau jika perlu lakukan restart apabila perangkat tersebut milik Anda pribadi.

- ISP (Internet Service Provider) mengalami pemadaman (outages) Apabila masalah terjadi pada banyak pengguna (tidak hanya Anda sendiri), ada kemungkinan provider sedang mengalami gangguan. Mengenai hal ini, Anda bisa hubungi provider bersangkutan.

- WiFi terhubung tetapi tidak dapat mengakses internet – Masalah koneksi WiFi terhubung namun tidak dapat mengakses internet biasanya terjadi karena provider jaringan yang bermasalah. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasannya di sini. dll.

Cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect

Setelah mengetahui penyebabnya, kini saatnya Anda perlu mencoba beberapa cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect Windows 10 berikut.

1. Ubah IP Address Automatic

Cara mengatasi Windows 10 tidak bisa konek WiFi yang pertama bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan pada pengaturan IP Address di Wifi adapter, karena terdapat kemungkinan IP berubah menjadi statis.

Mengubah IP address statis diperlukan untuk penggunaan fitur File and printer sharing, namun jika komputer/laptop yang Anda gunakan sering menggunakan koneksi yang berbeda-beda maka mengubah IP menjadi statis dapat menyebabkan masalah karena tidak semua koneksi wifi memiliki IP default gateway yang sama.

Untuk itu kita perlu melakukan perubahn IP Address Automatic, berikut cara merubah IP address Automatic:

- Buka Control panel dan pilih Network and Internet

- Pilih Network and sharing center

- Pilih Change adapter setting

- Selanjutnya klik kanan pada Wi-Fi atau Wireless Network

- Connections dan pilih Properties

- Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik tombol Properties

- Setelah itu aktifkan Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically

- Klik OK untuk menyimpan perubahan pengaturan

2. Gunakan Fitur Network Reset

Tahukah Anda jika Windows 10 memiliki fitur network reset yang bisa digunakan untuk mereset atau mengembalikan pengaturan ke default Windows, termasuk dengan menghapus aplikasi dan driver yang telah terinstall.

Berikut ini cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect Windows 10 menggunakan fitur Network Reset.

- Buka Windows 10 setting di Start menu

- Buka Network & internet

- Lalu pada tab Status, scroll kebawah temukan dan klik Network reset

- Selanjutnya klik Reset Now

- Tunggu hingga proses reset selesai.

3. Reinstall Driver

Agar komputer/laptop bisa berjalan secara optimal, dibutuhkan Driver pada perangkat keras, namun masih terdapat kemungkinan driver mengalami error sehingga menyebabkan komputer/laptop tidak bisa konek wifi.

Hal ini biasanya disebabkan akibat infeksi virus atau akibat penginstalan program yang merubah sistem Windows.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa melakukan uninstall driver wireless lalu install kembali driver tersebut atau reinstall driver. Berikut caranya:

- Buka Device manager

- Lalu cari Wireless Network Adapter pada bagian Network adapters

- Setelah itu klik kanan dan Uninstall device

- Selanjutnya Restart komputer/laptop, maka secara otomatis Windows 10 akan mencari dan menginstall driver yang sesuai.

- Selain itu, Anda juga bisa menginstall wireless driver secara manual dengan cara download driver di situs resmi merek komputer/laptop yang Anda gunakan.

4. Uninstall Perangkat Jaringan

Pada Windows 10, sebelum WiFi bisa diaktifkan dan digunakan, kita perlu menginstalnya terlebih dahulu. Jenis file yang diinstal ini disebut sebagai driver.

Masalahnya, driver WiFi yang telah terinstal juga kadang bisa mengalami error. Bentuk error-nya sendiri bisa bermacam-macam. WiFi yang menjadi tidak bisa tersambung, adalah salah satu yang paling sering saya temui.

Solusinya, Anda bisa melakukan uninstall driver perangkat jaringan (adapter) yang telah terpasang sebelumnya. Caranya seperti ini:

- Klik kanan pada logo Windows, kemudian klik Device Manager.

- Selanjutnya, cari driver WiFi yang terinstal di komputer Anda. Penggunaan namanya mungkin berbeda-beda. Untuk di sini, saya menggunakan sebuah perangkat wireless card:

- Setelah itu, klik kanan pada driver tersebut, kemudian klik Uninstall.

- Sekarang, silakan restart PC atau laptop Anda terlebih dahulu.

- Terakhir, Anda tinggal coba menyambungkan kembali WiFi-nya.

Demikinalah informasi mengenai cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect Windows 10 yang bisa Anda coba terapkan. Semoga membantu!

Tag : #wifi    #laptop    #internet    #teknologi    #connect wifi    #internet    #jaringan    #windows 10   

Baca Juga