Cara Mencegah Ban Mobil Meledak Saat di jalan (Dok. autofun.co.id)

Cara Mencegah Ban Mobil Meledak Saat di jalan

Juni | Otomotif | 09-08-2022

PARBOABOA – Ban mobil meledak saat sedang berkendara memang kerap menjadi ketakutan terbesar. Hal ini tentu berbahaya, karena mobil akan sulit untuk dikendalikan dan rentan mengundang celaka.

Untuk itu, penting bagi pengemudi untuk memastikan kondisi ban sebelum berkendara, khususnya saat akan melakukan perjalanan jauh. Sehingga, kita dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya celaka.

Namun kenyataannya, banyak pengemudi yang tidak paham tentang cara mengantisipasi agar ban mobil yang digunakan selalu dalam kondisi baik.

Namun tenang saja, memastikan ban mobil sebelum berkendara tidak sulit kok. Simak beberapa tips dari Parboaboa berikut ini!

1. Cek Kondisi Fisik Ban

Benturan keras atau benda tajam akan membuat struktur ban berubah dan membuat ban jadi rawan meledak. Pastikan ban modil dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi fisik ban mobil dalam kondisi masih layak untuk digunakan.

Jika Anda menemukan luka atau benjolan di permukaan ban, disarankan untuk segera mengganti ban. Kondisi benjolan pada ban menjadiindikasi bahwa telah terjadi kerusakan pada konstruksi anyaman kawat bajanya, sehingga sangat tidak layak dan berbahaya untuk digunakan.

2. Cek Tekanan Angin Ban Secara Berkala

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan megecek tenakan angin secara berkala. Ketika tekanan angin kurang dari yang seharusnya, maka besar kemungkinan dinding ban terlipat saat mobil melakukan manuver, seperti menikung misalnya. Sehingga membuat dinding ban terkoyak dan meledak sewaktu-waktu.

3. Hindari Berkendara dengan Beban Berlebih

Mobil yang sering digunakan dengan kondisi beban berlebih bukan hanya berdampak pada kemampuan handling dan rem, tapi juga kinerja dan usia komponennya. Salah satu dampak negatifnya adalah kondisi ban yang akan mengalami kerusaka.

Untuk itu, berkendaralah dengan bijak dan perhatikan muatan atau jumlah penumpang di dalam mobil Anda.

4. Hindari Jalanan Buruk

Permukaan jalan yang buruk juga berpotensi merusak ban mobil Anda. Contohnya saja seperti lubang besar di jalan, yang bisa langsung merusak permukaan ban dan velg mobil terlebih lagi jika diterjang dengan kecepatan tinggi.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari jalanan buruk dan mengatur kembali rute perjalanan Anda.

Demikian informasi tentang cara mencegah ban meledak saat di jalan yang penting untuk diketahui para pengendara. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala pada ban mobil Anda.

Tag : #ban mobil    #pecah ban    #otomotif    #tips    #komponen mobil   

Baca Juga