Cara Mencegah Rem Cakram Motor Overheat (Foto: Naikmotor)

Wajib Tahu! Berikut Cara Mencegah Rem Cakram Motor Overheat

Juni | Otomotif | 24-09-2022

PARBOABOA – Sistem pengereman merupakan salah satu mekanisme pada sepeda motor yang kerap mengalami masalah. Salah satunya adalah rem overheat yang dapat menyebabkan motor mengalami rem blong di jalanan menurun.

Menggunakan prinsip gesekan, sistem ini berfungsi untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan laju motor. Pada dasarnya, ada dua jenis sistem pengereman yakni rem tromol (drum brake) dan rem cakram (disc brake).

Perlu diketahui, gesekan dapat menyebabkan panas. Apalagi jika kerja rem cukup berat, seperti saat berada di jalanan menurun atau ketika digunakan dalam kecepatan tinggi.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan panas berlebih pada cakram motor. Panas inilah yang kemudian dapat mempengaruhi kinerja rem. Untuk itu, sebaiknya lakukan perawatan komponen pengereman secara berkala agar tetap dalam kondisi prima.

Lalu, bagaimana cara menghindari panas berlebih pada rem cakram? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Gunakan Minyak Rem

Tips pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan minyak atau oli rem. Kamu dapat menggunakan minyak rem DOT 3 untuk jenis Non ABS dan DOT 4 untuk jenis ABS.

Selain itu, lakukan penggantian minyak rem setiap 2 tahun/24.000 km. Pastikan juga minyak rem tidak mengalami kebocoran

2. Lakukan Perawatan Master & Kaliper

Pada master dan kaliper, terdapat komponen seal sebagai pengganti pegas. Seal ini bisa menjadi keras dan dapat mengganggu kerja piston pada kaliber. Kondisi tersebut dapat menyebabkan cakram menjadi berat, sehingga timbul gesekan dan cakram menjadi panas.

Untuk mencegah hal itu, lakukan penggantian seal bersamaan dengan penggantian minyak rem motor.

3. Penggantian Kampas Rem

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah mengganti kampas rem. Seiring pemakaian, kampas rem akan semakin menipis atau aus sehingga dapat menyebabkan gesekan berlebih dan menyebabkan cakram overheat.

Itulah tadi penjelasan tentang cara mencegah rem cakram motor overheat. Untuk menghindari risiko buruk yang ditimbulkan, sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala guna memastikan sistem pengereman dalam kondisi prima.

Tag : #rem cakram    #motor    #otomotif    #komponen motor    #tips    #perawatan motor   

Baca Juga