Ilustrasi seseorang yang begadang karena tuntutan pekerjaan (Dok: hellosehat.com)

Ingin Tubuh Tetap Fit Setelah Begadang? Lakukan Hal-Hal Berikut!

Dimas | Kesehatan | 09-06-2022

PARBOABOA, Jakarta – Begadang sudah menjadi hal biasa dan sering dilakukan oleh banyak orang di zaman sekarang ini. Beberapa di antaranya mengaku kerap melakukan aktivitas di malam hari lantaran tuntutan dari pekerjaan.

Meski begitu, begadang bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Sebab, orang dewasa disarankan untuk tidur malam selama 8 jam agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Ketika begadang, jam tidur akan berkurang drastis dan rasa kantuk pun akan menyerang pada pagi harinya. Selain itu, banyak sekali gangguan kesehatan yang muncul bila terlalu sering begadang, seperti gangguan otak, sakit kepala, gangguan pada mata, serta memicu berbagai permasalahan pada kulit.

Tips agar Tubuh Tetap Fit Usai Begadang

Menurut penelitian, kinerja tubuh seseorang yang begadang hampir sama dengan orang yang sedang mabuk akibat minuman berakohol.

Namun apabila Anda harus begadang, berikut ini adalah tips yang dapat Anda lakukan agar tubuh tetap fit setelah begadang, di antaranya:

1. Mengonsumsi Minuman Berkafein

Untuk mengatasi rasa kantuk yang muncul akibat bergadang, Anda bisa mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Kandungan kafein diketahui dapat melawan zat alami tubuh yang memicu kantuk dan membuat tubuh menjadi lebih fit.

Akan tetapi, hindari mengonsumsi minuman kafein secara berlebihan dan sesuaikan dengan dosis harian yang dapat diterima oleh tubuh. Kemudian, hindari juga konsumsi minuman berenergi untuk menghilangkan rasa kantuk, karena kandungan kafein pada jenis minuman ini umumnya cukup tinggi. Bila dikonsumsi secara berlebihan, minuman berenergi bisa berbahaya bagi tubuh.

2. Tidur Siang

Anda bisa luangkan waktu untuk tidur siang pada jam istirahat selama 15–20 menit. Namun, usahakan untuk tidak terlalu lama tidur siang karena justru membuat Anda menjadi pusing setelahnya.

Selain itu, durasi tidur siang yang cukup dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Hindari tidur siang di atas pukul 3 sore, karena dapat mengganggu waktu tidur Anda di malam hari.

3. Hindari Mandi Setelah Begadang

Saat tubuh masih panas karena begadang, sebaiknya Anda menyediakan waktu untuk tidur sebentar sebelum mandi. Sebab, jika Anda langsung mengguyurnya dengan air dingin atau mandi,  maka Anda setidaknya akan terkena penyakit flu.

4. Olahraga Ringan

Setelah begadang, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, naik-turun tangga, lari di tempat, atau sedikit peregangan yang bisa membuat tubuh bergerak. Aktivitas ini dapat meningkatkan kinerja otak dan membuat Anda tetap terjaga.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan senam aerobik selama 30–40 menit sebelum melakukan aktivitas untuk mendapatkan tubuh yang lebih fit setelah bergadang.

5. Makan

Selama begadang, Anda tentunya harus makan teratur untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini berguna agar tubuh tetap fit dan mengurangi risiko Anda terserang berbagai gangguan kesehatan akibat begadang.

6. Konsumsi Vitamin

Selain dari makanan, Anda bisa juga mengonsumsi vitamin untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mengonsumsi vitamin C dan D untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah seputar informasi mengenai tips menjaga tubuh tetap fit setelah begadang. Jika Anda terpaksa begadang, silahkan lakukan tips yang telah Parboaboa jelaskan di atas. Semoga bermanfaat!

Tag : #begadang    #gangguan tubuh    #kesehatan    #tips kesehatan   

Baca Juga