Ilustrasi perawatan helm sepeda motor (Dok: otomotif.kompas.com)

Simak! Ini Cara Tepat Merawat Helm Sepeda Motor Agar Tetap Awet

Dimas | Otomotif | 03-06-2022

PARBOABOA, Jakarta – Helm merupakan salah satu perlengkapan yang wajib digunakan para pengendara sepeda motor saat hendak berpergian. Dengan menggunakan helm, para pengendara akan terlindung dari risiko benturan di kepala akibat  kecelakaan.

Selain berfungsi sebagai pelindung kepala, helm juga akan membantu pengendara motor untuk menghindari debu yang bisa mengganggu pandangan saat berendara.  Perlu Anda ketahui, helm juga terbagi menjadi beberapa jenis, di antarnya:

1. Helm Half Face

Helm half face merupakan helm yang memiliki bentuk dan tampilan menarik. Fungsi helm ini yaitu sebagai pelindung bagian tempurung kepala. Helm ini juga dilengkapi dengan kaca yang dapat melindungi bagian wajah.

Helm dengan model dan bentuk seperti ini sangat mudah untuk digunakan dan mudah untuk dilepas. Bisa di gunakan untuk berkendara jarak dekat dan jauh seperti ke kantor , sekolah dan aktivitas sehari hari.

2. Helm Full Face

Berbeda dengan helm half face, helm full face ini merupakan jenis helm yang memiliki bagian pelindung kepala secara menyeluruh. Helm jenis full face ini dapat digunakan ketika Anda berkendara  dengan kecepatan tinggi atau untuk berpergian jarak jauh. Bentuknya yang menutup semua bagian kepala membuat helm ini dapat dianggap sebagai helm yang ampuh untuk menjaga keselamatan ketika berkendara.

3. Helm Modular/Touring

Helm modular merupakan perpaduan antara helm half face dengan helm full face. Helm modular memiliki bentuk dan model yang sangat mirip dengan helm full face . Sangat cocok di gunakan ketika berkendara jauh dan touring.

Cara Tepat Merawat Helm Motor

Jika Anda sudah mengetahui jenis-jenis pada helm sepeda motor, tentunya Anda juga harus mengetahui cara merawat helm dengan tepat. Perawat pada helm sangat penting dilakukan guna menjaga helm tetap bersih dan awet tentunya.

Berikut ini Parboaboa telah merangkum cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat helm dengan tepat. Di antaranya:

1. Membersihkan Lapisan Pelindung

Langkah awal ini sangat diperlukan untuk merawat helm agar tetap awet. Mengingat lapisan luar helm yang selalu terpapar debu dan kotoran.

Saat Lapisan luar helm terkena kotoran, debu atau hujan, Anda bisa membersihkannya dengan kain micro fiber atau kain berserat halus untuk mencegah goresan. Ingat,  gunakan shampo atau sabun khusus yang dapat mengangkat kotoran pada helm dengan mudah.

Membersihkan bagian luar helm atau batok helm juga harus hati-hati agar tidak terjadi keretakan. Apalagi, struktur paling kuat dalam helm terdapat pada lapisan luarnya. Sehingga diperlukan ketepatan cara merawat helm agar tetap awet.

2. Hindari Bahan Pembersih Kaca

Andasebaiknya  tidak penggunaan pembersih kaca untuk membersihkan visor helm. Hal ini harus dihindari sebagai cara merawat helm agar tetap awet.

Polikarbonat sangat sensitif dengan zat amonia yang ada pada pembersih kaca. Jika terlalu sering terkena, akan menyebabkan tingkat kejernihan visor helm menurun. Tentu saja menjadikan tampilannya tak mengilap seperti baru.

3. Gunakan Cotton Bud

Alat yang satu ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian helm yang sulit dijangkau seperti lubang ventilasi pada helm yang bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara pada helm agar tidak terhalang oleh kotoran.

4. Hindari Mencuci lapisa Sterofoam

Lapisan tengah helm cukup di lap dengan kain micro fiber kering dan hindari mencuci lapisan tengah dengan air. Hal itu sebaiknya dihindari karena dapat menurunkan kualitas daya redam sterofoam, mengurangi kekuatan perekat sterofoam pada helm dan juga dapat menimbulkan jamur apabila proses pengeringan tidak dilakukan secara maksimal.

5. Lumasi Engsel Visor

Tak jarang helm yang dipakai secara rutin memiliki keluhan pada engsel visor atau kaca. Terkadang terdapat masalah seperti susah membuka atau menutup kaca helm. Pelumasan menjadi solusi yang teapt untuk masalah ini.

Langkahnya mudah, Anda cukup lumasi bagian engsel helm visor menggunakan pelumas helm atau baby oil. Sehngga kaca helm dengan lancar membuka dan menutup.

6.  Gunakan Cairan Pengkilap

Cara yang satu ini akan membuat helm tetap berkilau dan mampu menjaga kualitas cat helm atau  Secara tidak langsung akan melindungi lapisan luar helm. Langkah ini menjadi cara merawat helm agar tetap awet dan berkilau.

7. Gunakan pelapis kepala

Untuk mejaga kebersihan bagian dalam helm, Anda bisa gunakan pelapis kepala sebagai solusi agar kotoran di kepala tidak mudah untuk pada helm. Selain itu, untuk mengurangi jumlah keringat yang terserap oleh lapisan dalam atau padding, gunakan helmet liner atau cup. Sehingga cara merawat helm agar tetap awet dapat terus dilakukan saat memakai pelapis kepala.

Demikianlah seputar informasi mengenai cara tepat merawat helm sepeda motor. Lakukan langkah-langkah yang telah di jelaskan di atas secara rutin untuk menjaga keawetan helm motor Anda. Semoga bermanfaat!

Tag : #sepeda motor    #helm    #otomotif    #helm half face    #helm full face    #helm modular   

Baca Juga