Game Super Mario Bros.

Cetak Rekor Lagi! Game Super Mario Bros Jadi Game Termahal Dunia, Laku Rp 28 Miliar

wanovy | Teknologi | 09-08-2021

Super Mario Bros. memecahkan rekor sebagai game termahal di dunia lagi. Bulan lalu, "kaset" game Super Mario 64 berhasil dilepas dengan harga mencapai 1,56 juta dollar AS (sekitar Rp 22,6 miliar).

Dan belum lama ini cartridge Super Mario Bros dari tahun 1985 terjual dengan harga USD 2 juta atau sekitar RP 28 miliar!

Cartridge Super Mario Bros. ini dijual dalam kondisi belum dibuka dan mendapatkan rating 9,8 A+ dari Wata yang artinya game masih dalam kondisi luar biasa dan seperti baru.

Alih-alih dijual dengan sistem lelang seperti aneka game lawas pada umumnya, game ini dibeli oleh seorang kolektor misterius melalui Rally, sebuah situs yang menyulap berbagai barang koleksi menjadi aset yang bisa dimiliki siapa saja melalui investasi.

Dikutip dari Engadget, Rally membeli barang koleksi dalam bentuk fisik, seperti game atau komik langka, dan melakukan 'penawaran awal' dimana orang-orang bisa membeli saham untuk produk tersebut.

Seseorang, misalnya, bisa membeli sejumlah saham dari barang antik yang mereka inginkan di sana. Nantinya, orang yang ingin membeli atau "mengakuisisi" barang koleksi tersebut harus mendapatkan persetujuan dari para investor.

Penjualan kaset game Super Mario Bros. bernilai 2 juta dolar AS tadi pun diklaim sudah disepakati para investor dan konon mereka mendapatkan untung sekitar 900 persen dari setiap saham yang dimiliki.

Rally sendiri membeli game tersebut dengan harga 140.000 dolar AS (Rp 2 miliar) pada April 2020 lalu. Sehingga, wajar saja apabila para investor yang sempat membeli saham game ini di sana mendapatkan keuntungan tinggi.

Kaset game ini dibanderol dengan harga selangit karena disebut masih disegel dan memiliki kondisi yang sempurna dengan kotak kemasan versi edisi terbatas,

Game Super Mario Bros. ini merupakan pemegang rekor game termahal di dunia terbaru. Dalam setahun terakhir, rekor tersebut sudah dipecahkan berkali-kali.

Sebelumnya, rekor game termahal sempat dipegang oleh The Legend of Zelda yang laku 870.000 dolar AS (sekitar Rp 12,4 miliar) pada Juli 2021, dan Super Mario Bros. dengan harga 660.000 dolar AS (sekitar Rp 9,4 miliar) pada April.

Tag : teknologi

Berita Terkait