Planet Merkurius (Dok: Grid Kids - Grid.ID)

Ciri-ciri Planet Merkurius, Bintang Siaran Yang Paling Dekat Dengan Matahari

Mei | Pendidikan | 12-05-2022

PARBOABOA - Merkurius merupakan salah satu planet di tata surya yang letaknya lebih dekat dengan matahari jika dibandingkan dengan planet yang lainnya.

Planet Merkurius juga dikenal dengan sebutan “bintang fajar” karena planet ini memiliki waktu fajar yang lebih banyak jika dibandingkan dengan planet yang lainnya karena letaknya yang sangat dekat dengan matahari.

Merkurius memiliki warna yang cenderung keabuan sehingga planet yang satu ini sangat cantik jika dipantau langsung melalui teleskop khusus.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai ciri-ciri planet merkurius, bintang siaran yang letaknya paling dekat dengan matahari. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya.

Ciri-ciri Planet Merkurius

1. Memiliki Warna Abu-Abu

Ciri ciri planet Merkurius yang pertama adalah memiliki warna abu-abu.

Kita semua telah mengetahui bahwa Merkurius letaknya hanya berjarak 57 km saja dari matahari. Hal ini lah yang membuat planet yang satu ini sangat mudah untuk diteliti melalui teleskop.

Berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan melalui teleskop, warna planet yang satu ini cenderung abu-abu, hampir mirip dengan bulan.

2. Planet Paling Kecil di Tata Surya

Ciri planet Merkurius yang berikutnya adalah memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran planet yang lainnya.

Bayangkan saja, ukuran planet Merkurius 2,7 kali lebih kecil dari ukuran bumi. Dengan ukuran yang tergolong kecil itu, Merkurius memiliki 1/3 kali dari gravitasi bumi.

3. Volume dan Massa

Merkurius  memiliki ukuran diameter planet kurang lebih 4.880 km dengan volume 6.083 x 1010 km3. Sedangkan untuk massa Merkurius adalah seberat 3.302 x 1023 kg dengan massa jenis 5,43 gram/cm3.

4. Tipikal Planet yang Kebumian

Ciri ciri planet Merkurius  yang berikutnya adalah planet yang memiliki tipikal yang hampir sama dengan bumi.

Planet Merkurius  sering disebut sebagai planet kebumian karen mempunyai permukaan yang cenderung padat dan penuh batu-batuan, khususnya jenis batuan silikat.

Merkurius sangat berbeda dengan planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus yang notabene adalah planet gas raksasa, dimana gas menjadi  kandungan yang paling besar yang menyelimuti planet yang satu ini.

5. Permukaan yang Dipenuhi Kawah dan Lembah

Ciri-ciri planet Merkurius yang berikutnya adalah memiliki permukaan yang penuh dengan cekungan, lembah, dan kawah.

Hal ini disebabkan karena Merkurius tidak memiliki lapisan atmosfer yang membuat tidak adanya perlindungan dari hantaman meteor, yang menyebabkan permukaan Merkurius  penuh dengan bebatuan yang memanjang hingga ratusan kilo meter panjangnya.

6. Suhu Planet Merkurius

Ciri planet Merkurius  yang berikutnya adalah memiliki suhu yang sangat panas karena letaknya yang sangat dekat dengan matahari.

Bayangkan saja, ukuran suhu untuk permukaan Merkurius saja dapat mencapai 430 derajat Celcius dengan rata-rata temperatur hingga 70 derajat Celcius.

Sedangkan untuk permukaan yang tidak terkena sinar matahari, suhunya hanya mencapai angka minus 180 derajat Celcius dengan rata-rata suhu minus 70 derajat Celcius.

Perubahan suhu yang sangat ekstrim di planet Merkurius membuat tempat ini tidak layak untuk dihuni oleh makhluk hidup.

7. Waktu Revolusi dan Rotasi Planet

Planet Merkurius  memiliki watu rotasi yang lebih lama jika dibandingkan dengan Bumi.

Bayangkan saja, untuk melakukan satu kali rotasi, Merkurius  memerlukan waktu selama 59 hari Bumi dengan kecepatan rotasi 11 ribu km/jam.

Namun, waktu yang dibutuhkan planet Merkurius untuk melakukan revolusi lebih singkat jika dibandingkan dengan bumi. Bintang siaran ini memerlukan waktu 88 hari untuk sekali revolusi.

8. Merkurius Tidak Mempunyai Satelit

Ciri-ciri planet Merkurius yang terakhir adalah tidak memiliki satelit seperti yang terdapat pada planet Bumi.

Hal ini disebabkan karena gravitasi yang ada pada matahari lebih kuat jika dibandingan dengan gravitasi di planet Merkurius.

Tag : #planet    #bintang siaran    #pendidikan    #tata surya    #merkurius    #planet merkurius   

Baca Juga