Ciri Ciri Wiper Mobil Harus Diganti (Foto: Parboaboa/Juni)

Cek! Berikut Ciri-Ciri Wiper Mobil Harus Diganti

Juni | Otomotif | 23-11-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Ketika berkendara di musim penghujan, wiper atau penyeka kaca mobil menjadi komponen yang sangat diperlukan. Hal ini untuk menjaga visibilitas pada jalan ataupun objek di sekitar kendaraan.

Wiper tergolong dalam komponen fast moving atau masa pakai singkat. Sehingga penting untuk langsung menggantinya ketika sudah habis masa pakai.

Ada beberapa indikator yang muncul sebagai pertanda wiper mobil harus diganti. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Karet Retak

Karet wiper menjadi salah satu bagian yang sering diganti. Alasan utamanya karena paling sering bersentuhan langsung dengan kaca mobil. Selain itu, efek paparan sinar UV juga bisa merusak kondisi karet wiper seiring berjalannya waktu.

Kondisi karet yang sudah retak, robek, atau mengeras akan membuatnya tidak mampu menekan kaca secara sempurna. Sehingga, pembersihan kaca mobil saat sedang hujan menjadi kurang maksimal.

2. Terdengar Bunyi Berdecit

Jika kamu mendengar bunyi berdecit dari wiper mobil saat digunakan, hal itu dikarenakan bagian plastik wiper mobil sudah terseret dan tertekan ke bagian kaca. Karet wiper juga tidak dapat menyentuh kaca secara sempurna.

3. Rangka Wiper Bengkok/Rusak

Rangka wiper yang sudah bengkok akan membuat kinerjanya tidak optimal, karena tentu ada beberapa bagian dari permukaan kaca mobil yang tidak bisa dijangkau. Perhatikan pola wiper saat sedang dinyalakan dalam kecepatan terendah.

Bagian yang bengkok akan menyisakan area di kaca mobil yang tidak bisa dibersihkan sama sekali.

4. Perekat Karet Wiper Rusak

Perekat karet pada wiper berfungsi untuk menahannya ke bagian rangka. Jika bagian ini rusak, makan kinerja wiper sudah pasti tidak maksimal. Proses kerjanya akan meninggalkan beberapa area yang tidak mampu dijangkau.

5. Muncul Goresan pada Kaca

Coba perhatikan, apakah ada goresan yang timbul setelah penggunaan wiper? Jika ada, maka sudh waktunya melakukan penggantian wiper. Goresan tersebut disebabkan karena ada bagian dari wiper mobil yang tidak bekerja secara sempurna.

Itulah tadi penjelasan tentang beberapa tanda wiper mobil harus diganti. Perlu diingat, jangan membiarkan kondisi wiper tetap rusak dalam waktu yang lama, karena akan menyulitkan Anda saat berkendara di tegah hujan.

Tag : #wiper mobil    #komponen mobil    #otomotif    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga