Denmark mendapat predikat sebagai negara terbersih di dunia.

Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia

rini | Hiburan | 01-09-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Kebersihan lingkungan adalah salah satu hal yang sangat mendukung tingkat kesehatan manusia. Namun banyak sekali manusia yang lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan tinggalnya.

Tindakan seperti membuang sampah sembarangan menjadi salah satu penyebab negara-negara di dunia mengalami masalah kebanjiran karena sampah yang menumpuk di saluran air.

Tapi negara-negara berikut ini berhasil menjadi negara yang mendapat predikat sebagai negara terbersih di dunia. Simak info lengkapnya di bawah ini.

1. Denmark

Denmark menduduki peringkat pertama sebagai negara terbersih di dunia. Denmark memiliki beberapa kebijakan terbaik untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim.

Kebanyakan masyarakat di Denmark masih menggunakan sepeda dalam kegiatan sehari-hari untuk mengurangi polusi.

Sehingga negara ini memiliki kualitas udara yang tinggi.

2. Luksemburg

Negara yang terletak di persimpangan antara Jerman, Belgia, dan Prancis ini memiliki penataan kota serta implementasi kebijakan publik yang baik.

Pemerintah Luksemburg menyediakan ribuan tempat sampah di seluruh sudut kota, dan memberikan hukuman bagi mereka yang mengotori area publik.

3. Swiss

Selain terkenal dengan air bersih, hutan lebat, dan satwa liar yang melimpah, karena sebagian wilayahnya merupakan pegunungan.

Swiss juga memiliki sistem daur ulang yang sangat maju.

4. Inggris

Inggris memiliki air minum dan sistem sanitasinya sangat sempurna. Dengan kualitas udara yang juga sangat baik.

Negara ini juga memiliki banyak organisasi dan yayasan pencinta lingkungan yang memiliki kontribusi aktif dalam menjaga kebersihan.

5. Perancis

Perancis berhasil menjadi negara terbersih kelima setelah keberhasilannya dalam mengurangi emisi karbon padahal negara ini adalah negara industri, yang 80% energinya berasal dari tenaga nuklir.

6. Austria

Austria dikenal memiliki standar polusi udara, bahan kimia, dan pengelolaan limbah paling ketat di Eropa. Bahkan untuk penggunaan pestisida untuk pertanian aturan ketat juga ditetapkan.

Austria mempunyai reputasi sebagai negara yang bersih dan rapi, tak terkecuali ibu kotanya, Vienna. Bahkan sulit untuk menemukan sampahdi sepanjang jalanan kotanya.

7. Finlandia

Negara Finlandia memprioritaskan penggunaan energi dari sumber energi terbarukan. Negara ini juga menempati peringkat tertinggi untuk air dan sanitasi, kualitas udara, dan paparan logam berat. Finlandia juga memprioritaskan konservasi hutan dan satwa liar.

8. Swedia

Swedia dikenal sebagai negara dengan emisi karbon dioksida yang rendah dan penggunaan sumber energi terbarukan.

Swedia juga mempunyai sistem sanitasi yang sangat baik dan kebijakan publik tentang manajemen sampah yang baik.

9. Norwegia

Norwegia memberikan penghargaan bagi orang-orang yang mengembalikan botol plastik dan kaleng aluminium.

10. Jerman

Sudah menjadi budaya orang Jerman, jika melihat sampah atau kotoran di manapun, pasti langsung segera dibersihkan.

Masyarakat di Jerman punya kebiasaan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan.

Tag : #hiburan   

Baca Juga