Pemilik perusahaan Djarum menempati urutan pertama orang terkaya di Indonesia.

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia

rini | | 02-09-2021

Daftar Orang Terkaya di Indonesia

PARBOABOA, Pematangsiantar - Mengutip Forbes Real-Time Billionaires List, ini 10 daftar terbaru orang terkaya di Indonesia.

1.  Robert Budi Hartono - USD20,5 miliar atau Rp 292,22 triliun

Sumber kekayaan terbesarnya berasal dari kepemilikan pada Bank BCA dan perusahaan rokok Djarum. Djarum sendiri masuk dalam deretan perusahaan rokok paling besar di Indonesia bersama dengan Gudang Garam dan Sampoerna.

2. Michael Hartono - USD19,7 miliar atau Rp 280,83 triliun

Michael Hartono adalah adik dari Budi Hartono. Kekayaannya juga berasal dari perusahaan rokok Djarum dan dari kepemilikan Bank BCA.

Jumlah populasi perokok Indonesia yang besar, membuat Djarum terus menyumbang keuntungan besar untuk Keluarga Hartono. Tak cuma rokok, Bank BCA yang dimiliki Keluarga Hartono juga saat ini tercatat sebagai bank swasta terbesar di Tanah Air. Kenaikan saham bank swasta terbesar selama beberapa tahun belakangan ini ikut mendorong kenaikan kekayaan mereka hingga saat ini.

3. Sri Prakash Lohia - USD6,5 miliar atau Rp 92,6 triliun

Sri Prakash Lohia merupakan pendiri dan ketua Indorama Corporation. Indorama Corporation sendiri merupakan perusahaan petrokimia dan tekstil.

Lohia lahir dan besar di India, tetapi menghabiskan sebagian besar masa hidup profesionalnya di Indonesia sejak tahun 1974.

4. Prajogo Pangestu - USD6,5 miliar atau Rp 92,6 triliun

Prajogo Pangestu merupakan pemilik PT Barito Pacific yang bergerak di bidang petrokimia, minyak sawit mentah, properti, perkayuan.

5. Chairul Tanjung - USD4,8 miliar atau Rp 68,4 triliun

Chairul Tanjung mendirikan bisnis sendiri yang diberi nama Para Group yang kini berganti nama menjadi CT Corp. Chairul Tanjung tidak hanya berhasil di sektor keuangan, namun juga mendirikan bisnis media. Ia pun mendirikan Trans TV.

6. Tahir & Family - USD3,3 miliar atau Rp 47 triliun

Tahir mendirikan Mayapada Group di tahun 1986. Mayapada Group kemudian tidak hanya fokus pada bidang keuangan, ia juga menjalankan bisnis dealer mobil, garmen, perbankan, media dan kesehatan. Salah satu bisnis medianya adalah lisensi Forbes di Indonesia.

7.  Eddy Kusnadi Sariaatmadja - USD3 miliar atau Rp 42,7 triliun

Eddy adalah pengusaha menaungi perusahaan-perusahaan media seperti SCTV, Indosiar, O Channel, Kapanlagi Network hingga Vidio.

8. Jerry NG - USD2,5 miliar atau Rp 35,6 triliun

Sumber terbesar kekayaan Jerry Ng berasal dari investasi di Bank Jago (ARTO) bersama rekan-rekannya.

9. Martua Sitorus - USD2 miliar atau Rp 28,5 triliun

Martua merupakan pemilik usaha pengolahan kelapa sawit yang diberi nama Wilmar Internasional. Salah satu perusahaannya PT. Multimas Nabati Asahan yang memproduksi minyak goreng merek Sania.

Martua Sitorus merupakan pemilik rumah sakit, Murni Teguh Memorial Hospital yang ia persembahkan untuk ibunya, Murni Teguh yang beroperasi di Medan.

10. Theodore Rachmat - USD1,7 miliar atau Rp 24,2 triliun.

Theodore merupakan pendiri dari Triputra Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Agribisnis seperti karet dan kelapa sawit, manufaktur, pertambangan batu bara, dealership motor dan logistik.

Ia juga merupakan Wakil Komisaris Utama di perusahaan tambang batu bara bernama Adaro Energy yang ia dirikan bersama sepupunya, Edwin Soeryadjaya.

 

Tag : #tokoh   

Baca Juga