Indonesia masuk 10 besar negara wisata halal terbaik dunia

Daftar Negara Destinasi Wisata Halal Terbaik Versi GMTI, Indonesia Nomor Berapa?

rini | Hiburan | 27-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Global Travel Muslim Index (GMTI) merilis daftar negara yang menjadi negara terbaik untuk destinasi halal tahun 2021.

GMTI 2021 merupakan laporan riset pasar perjalanan Muslim yang diluncurkan oleh Mastercard dan CrescentRating. Tahun 2021 merupakan tahun keenam mereka meluncurkan laporan riset tersebut.

Peringkat GMTI ini didapat dari total poin yang didapatkan destinasi wisata halal berdasarkan beberapa faktor, di antaranya fasilitas dan layanan yang ramah wisatawan Muslim. Penilaian juga termasuk pada konektivitas, infrastruktur transportasi, komunikasi, promosi destinasi, kolaborasi stakeholder, layanan bandara, kedatangan pengunjung, keamanan, akomodasi, hingga kondisi cuaca.

Dalam sambutannya, Founder dan CEO CrescentRating Fazal Bahardeen mengatakan bahwa pandemi Covid-19 memberi dampak signifikan terhadap sektor pariwisata. Jumlah kedatangan wisatawan Muslim internasional mengalami peningkatan dari sekitar 108 juta di tahun 2013 menjadi 160 juta di tahun 2019.

Namun, kenyataannya, jumlah kedatangan wisatawan Muslim turun ke angka 42 juta di tahun 2020. Lebih dari 90 persen perjalanan dilakukan di kuartal pertama tahun 2020 sebelum akhirnya banyak negara menerapkan pembatasan perjalanan.

Seperti Indonesia yang telah menutup pintu kedatangan internasional, saat gelombang kedua pandemi melanda Indonesia. Namun larangan tersebut mulai dilonggarkan pemerintah Indonesia saat ini dan telah memperbolehkan kunjungan ke Pulau bali.

Dalam daftar wisata halal yang baru dirilis, Indonesia harus turun peringkat ke posisi ke empat, setelah sebelumnya pada tahun 2019 Indonesia adalah pemegang tahta tertinggi negara wisata halal dunia.

Berikut 10 Negara wisata halal terbaik dunia tahun 2021:

1. Malaysia

2. Turki

3. Arab Saudi

4. Indonesia

5. Uni Emirat Arab

6. Qatar

7. Singapura

8. Bahrain

9. Iran

10. Oman

Tag : hiburan, wisata halal, riset gmti, global travel muslim index, gmti 2021

Berita Terkait