Ilustrasi Ganti Oli Motor Matic (Foto: Pikiran Rakyat)

Kenali Dampak Buruk yang Terjadi Jika Oli Motor Matic Jarang Diganti

Juni | Otomotif | 01-09-2022

PARBOABOA – Oli atau pelumas merupakan komponen penting bagi sebuah kendaraan, termasuk motor matic. Oli yang jarang diganti akan menjadi jenuh, berwarna hitam pekat dan berpotensi menimbulkan kerak sehingga merusak mesin.

Saat mesin sepeda motor bekerja, sistem transmisi hingga piston mengalami gesekan dengan dinding silinder. Jika oli mesin tidak diganti secara berkala, akan sangat berisiko terhadap performa mesin.

Lalu, apa dampak buruk jika oli motor matic jarang diganti? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Kinerja Mesin Menurun

Motor matic yang jarang ganti oli menimbulkan gerakan mesin yang kasar karena oli dalam mesin tidak bisa melumasi setiap komponen dengan baik. Cairan oli yang sudah lama tidak diganti biasanya berubah warna menjadi hitam, kental, dan kotor.

Kondisi oli yang sudah kotor menyebabkan performa mesin tidak bekerja dengan optimal. Untuk menghindarinya, sebaiknya ganti oli motor matic tepat waktu.

2. Penggunaan Bahan Bakar Semakin Boros

Oli yang tidak diganti dalam waktu yang lama akan membuat kinerja mesin menjadi berat. Dengan begitu, bahan bakar yang dipakai juga lebih banyak. Penggunaan bahan bakar yang semakin boros tentunya semakin membuat Anda tidak nyaman.

Saat Anda berencana bepergian jauh, motor akan berisiko kehabisan bensin secara tiba-tiba. Jika hal itu terjadi, tentunya akan sangat merepotkan karena harus mendorong motor sampai ke tempat pengisian bensin terdekat.

3. Mesin Cepat Panas

Salah satu fungsi utama oli pada motor matic adalah sebagai pelumas dan pendingin mesin. Jika jarang diganti, kinerja mesin akan semakin berat dan berpotensi menyebabkan overheat. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi mesin akan semakin rusak.

Selain itu, ketahanan mesin motor matic juga akan berkurang. Hal tersebut berisiko membuat mesin motor menjadi rusak total dan Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memperbaikinya.

4. Turun Mesin

Dampak buruk yang satu ini biasanya paling dihindari oleh para pengendara motor. Sebab, turun mesin merupakan pertanda performa motor matic menjadi lebih buruk. Hal ini bisa terjadi karena terlambat mengganti oli.

Oli yang tidak diganti menyebabkan kerusakan pada mesin motor matic. Terlebih lagi, kerusakan tersebut bisa saja menjalar ke komponen motor lainnya.

5. Mesin Motor Tiba-tiba Mati

Motor yang tiba-tiba mati di jalan merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Kerusakan tersebut terjadi karena oli sudah habis dan menyebabkan mesin panas. Untuk menghindari masalah seperti ini, Anda harus mengganti oli motor dengan teratur.

Itulah tadi beberapa dampak buruk yang ditimbulkan jika oli motor matic jarang diganti. Jika terus dibiarkan, tentu akan berisiko menimbulkan kerusakan lainnya sehingga mengeluarkan biaya lebih besar. Pasti kalian tidak ingin hal ini terjadi kan?

Tag : #oli motor    #pelumas    #otomotif    #motor matic    #tips    #perawatan motor   

Baca Juga