Presiden Pukyong National University (PKNU) Jang Young-Soo dan Puan Maharani saat penandatanganan MOU, Senin (07/11/2022) lalu. (Foto: dok. Kemdikbud.go.id)

Delapan Kampus di Indonesia Bekerja Sama dengan PKNU

Desy | Pendidikan | 17-11-2022

PARBOABOA, Jakarta – Delapan kampus di Indonesia bekerja sama dengan Presiden Pukyong National University (PKNU) Jang Young-Soo ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bidang akademik oleh masing-masing rektor, Senin (07/11/2022) lalu.

“Mengingat pentingnya kerja sama dimaksud, setiap perguruan tinggi memiliki prioritas bidang kerja sama yang berbeda, maka pertemuan lanjutan dengan masing-masing kampus dan PKNU akan didampingi oleh Atdikbud RI di Seoul,” ujar Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di Seoul, Gogot Suharwoto, Senin (14/11/2022) lalu.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), delapan kampus tersebut adalah Institute Pertanian Bogor, Universitas Negeri Mataram, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Pattimura.

Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan kerja sama nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya riset, sains, dan teknologi, juga internasionalisasi perguruan tinggi dari kedua pihak, baik Indonesia maupun pihak PKNU.

Adapun kerja sama yang akan berlaku selama tiga tahun ini meliputi kerja sama persahabatan, kegiatan promosi saling pengertian, kolaborasi akademik, pertukaran budaya dan personil (mahasiswa, dosen, maupun peneliti), serta memfasilitasi kolaborasi lain yang akan bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Sebagai informasi, PKNU merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang terdepan dalam bidang riset kelautan terutama untuk studi perikanan, maritim dan juga pengembangan teknologi inovasi. PKNU memiliki 26 ribu lebih mahasiswa aktif dengan jumlah mahasiswa asing terbesar di Busan, Korea Selatan, termasuk 58 mahasiswa Indonesia.

Tag : #gogot suharwoto    #kemendikbudristek    #pendidikan    #mou pknu indonesia    #kerja sama akademik   

Baca Juga