Desain rumah kontemporer, foto: Rumah123.com

10 Inspirasi Desain Rumah Kontemporer Minimalis

Wanovy | Rumah | 11-07-2022

PARBOABOA - Apakah Anda sedang mencari inspirasi untuk desain rumah kontemporer? Jika iya, simak artikel ini sampai selesai ya!

Jika berbicara tentang arsitektur rumah maka sebagai awam mungkin kita hanya tahu desain minimalis, klasik, serta desain modern.

Padahal perkembangan arsitektur saat ini bisa dibilang semakin inovatif dan maju sehingga kini banyak sekali desain bangunan yang menerapkan beragam gaya arsitektur terdahulunya dan berkembang menjadi sebuah gaya arsitektur baru.

Penerapan desain yang telah ada dan menjelma menjadi gaya arsitektur terbaru itu melahirkan gaya arsitektur kontemporer.

Arsitektur kontemporer saat ini dapat menjadi salah satu alternatif desain hunian yang bisa dipilih karena cenderung inovatif dan bisa disesuaikan dengan keinginan sang pemilik.

Gaya kontemporer dapat berubah seiring dengan perubahan dalam dunia arsitektur dan bisa dibilang cukup unik karena model bangunan jenis ini sangat fleksibel.

Namun yang pasti, perancangnya jelas dituntut untuk menjadi lebih kreatif karena gaya kontemporer cenderung menarik dan berbeda.

Meski banyak yang menyamakan desain kontemporer dengan modern hingga minimalis, namun perlu diketahui bahwa mereka merupakan tiga gaya arsitektur yang berbeda.

Gaya kontemporer dan modern misalnya, kedua ragam arsitektur ini sering disalahpahami sebagai kedua hal yang sama.

Padahal gaya kontemporer memiliki keunikan tersendiri yaitu dinamis, dan tidak terikat oleh waktu.

Desain kontemporer terlihat ekspresif, unik, dan bahkan bisa jauh berbeda dari satu bangunan ke bangunan lainnya.

Maka dari itu gaya arsitektur jenis ini bisa digunakan sebagai inspirasi hunian jika Anda tertarik pada sesuatu yang ‘berbeda’.

Nah, kalau Anda ingin memiliki rumah kontemporer, yuk, simak 10 inspirasi desain rumah kontemporer minimalis dibawah ini.

1. Rumah Kontemporer untuk Ekspresi Personalitas Anda

Kalau rumah kontemporer harus ada kaca, logam, dan warna grey, maka Anda akan mendapatkan rumah kontemporer pada rancangan arsitek Riri Yakub, Harindra Mahutama, dan Jeremiah Handoko ini.

Rumah yang berada di Serpong ini juga akrab dan menyatu dengan lingkungan. Desainnya paduan garis minimalis tegas dan fluid, menekankan kelancaran aliran udara dan paparan cahaya alami. Lebih dari itu, desainnya juga ikonik, bisa mewakili selera pemiliknya.

2. Rumah Desain Kontemporer Bernuansa Kayu

Warna-warna yang earthy dan nuansa kayu konon adalah warna modern, bukan kontemporer.

Namun melihat rancangan arsitek Kadek Bayu dari Alash Studio Bali ini mungkin Anda akan berubah pikiran.

Anda bisa mengatakan rancangan rumah di daerah Tabanan ini masuk dalam desain rumah kontemporer minimalis dengan berbagai fitur fasad dari teralis kayu minimalis yang unik dan pola pemasangan yang tidak biasa.

Kamu juga melihat model lantai kayu yang cocok untuk rumah kontemporer yang sudah kami siapkan.

3. Rumah Kontemporer yang Eklektik Namun Manis

Rumah kontemporer bisa pula berarti rumah yang sesuai dengan selera kekinian dari si pemilik, seperti rumah yang berlokasi di Madiun, Jatim, ini.

Pemiliknya sangat menyukai material lawasan namun juga berselera kontemporer. Maka kemudian desainer dari Andyrahman Architect membuat Graha Lakon (Lawas-Kontemporer) yang begitu eklektik gayanya.

Anda mendapati fasad minimalis yang padat item lawas seperti pintu ukir lokal, daun jendela kayu lawas, dan jendela jalousie vintage gaya 70-an. Tertarik?

4. Desain Futuristik pada Rumah Kontemporer

Dirancang oleh Cañas Arquitectos, desain umah kontemporer yang berada di Costa Rica ini mengkombinasikan komposisi bentuk geometrik yang formal dengan sudut yang dinamis sehingga menghadirkan hunian rumah kontemporer yang modern dan memiliki nuansa desain futuristik.

5. Desain Rumah Kontemporer dengan Permainan Sudut

Permainan sudut dinamis yang tak wajar juga menjadi hal yang menonjol dari rumah kontemporer yang berlokasi di Singapura ini.

Dirancang pada 2014 oleh Mercurio Design Lab, hunian pribadi untuk keluarga ini seolah menjadi definisi baru dari arsitektur modern.

Tanpa membuat desain rumah keluarga ini melenceng, gaya kontemporer pada hunian ini berhasil memberikan wajah yang menarik tanpa membuang suasana homey yang diperlukan rumah.

6. Penerapan Bentuk Organik untuk Rumah Kontemporer

Rumah kontemporer selanjutnya merupakan karya dari SBM Studio yang berlokasi di Kharkov, Ukrania.

Desain rumah kontemporer tropis satu ini mampu memberikanmu berbagai suasana dari berbagai gaya desain mulai dari gaya desain rumah tropis, modern, hingga industrial.

Pengaplikasian material mentah yang diekspos, penataan dan pemafaatan lanskap tanaman serta kombinasi antara bentuk geomterik dan organik memberikan nilai tambah dari desain kontemporer satu ini.

7. Rumah Kontemporer dengan Lantai Polos

Jenis lantai yang sering diterapkan pada gaya kontemporer adalah marmer, kayu, dan keramik. Pemilik rumah ini juga menggunakan kayu sebagai material lantai utama.

Hampir di keseluruhan rumah, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamar tidur menggunakan kayu sebagai lantainya.

Kondisi lantai pun dibiarkan polos begitu saja, tanpa ada alas sama sekali. Jika ingin berkreasi, Anda juga bisa menambahkan karpet untuk mempercantik ruangan. Sekaligus sebagai penanda batas antar ruang yang satu dengan ruang lain.

8. Model Rumah Kontemporer Tanpa Batas dan Sekat

Ciri khas desain rumah kontemporer adalah ruangan-ruangan berkonsep terbuka. Meminimalisasi penggunaan sekat ruangan atau dinding pembatas.

Beragam fungsi ruangan digabung menjadi satu kesatuan. Pemilihan material kayu pada meja tamu, ruang makan, dan anak tangga menciptakan harmoni ruangan yang memberikan kesan lapang.

9. Penggunaan Material yang Natural

Menyatukan material natural dan alami seperti kayu, beton, metal yang tidak diberi finishing kerap diaplikasikan pada desain minimalis kontemporer.

Pemilik rumah memilih kayu dan beton sebagai dua material utama pada hunian. Tak hanya itu, material organik seperti batu-batuan alam juga diaplikasikan.

Penggunaan marmer pada kamar mandi membuatnya tetap terlihat simpel, namun kental dengan unsur mewah dari motif marmer yang unik.

10. Rumah Kontemporer Gaya Skandinavia

Setidaknya ada empat faktor yang membuat rumah (atau furnitur) Skandinavia menjadi sangat disukai belakangan ini, yaitu fungsionalitas, durabilitas, simplisitas, dan reliabilitas.

Gaya Skandinavia jiga sangat adaptable, seperti rumah langgam Skandinavia yang terletak di Mulyorejo, Surabaya, ini.

Para arsitek ARA Studio membuat rumah dengan fasad geometrik yang sangat simpel namun manis dengan paduan zincalume dan beton ringan.

Desain rumah kontemporer dua lantai ini bisa menjadi pilihan jika Anda ingin tampil beda.

Nah, itulah tadi beberapa desain rumah kontemporer minimalis yang bisa Anda tiru. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #rumah kontemporer    #rumah minimalis    #model rumah    #rumah    #desain rumah    #dekorasi rumah   

Baca Juga