Model lantai kayu, foto: Haibunda.com

10 Model Lantai Kayu untuk Rumah Minimalis

Wanovy | Rumah | 08-07-2022

PARBOABOA - Dari sekian banyak elemen interior yang ada di rumah, lantai merupakan bagian terpenting yang sering terlupakan.

Padahal, lantai yang tepat bisa melindungimu dan keluarga, baik saat berdiri maupun duduk di kursi lesehan atau tanpa alas sekalipun.

Bayangkan jika salah memilih material lantai untuk ruanganmu, bisa-bisa kamu atau orang terkasih terpeleset dan terjatuh. Salah satu material yang dianggap paling baik mencegah hal ini adalah lantai kayu.

Bukan cuma bisa menghindari gesekan pada lantai dan mencegah terpeleset karena lantai licin, lantai kayu juga merupakan favorit banyak orang karena sifat estetiknya yang bisa memperindah rumah. Jadi, lantai kayu bisa menjadi pemanis rumahmu kalau digunakan secara tepat.

Tertarik menggunakannya? Yuk, simak 10 model lantai kayu untuk rumah minimalis di bawah ini!

1. Lantai Kayu Solid

Rekomendasi lantai kayu pertama adalah lantai yang terbuat dari bahan kayu solid 100% asli yang sudah diamplas dan disuling beberapa kali.

Lantai kayu jenis ini memiliki harga yang cukup mahal karena material pembuatannya murni.

Lantai ini memiliki ketebalan mulai dari ⅝ inci dan dijual dalam kemasan papan memanjang. Namun, lantai kayu yang satu ini perlu perawatan khusus karena tidak tahan terhadap kelembaban tingkat tinggi.

2. Finished Hardwood Floor

Finished Hardwood Floor merupakan salah satu model lantai kayu yang cukup diminati untuk para pecinta model lantai kayu.

Alasannya, model lantai kayu ini sudah mengalami proses yang cukup panjang, sudah diamplas, dan tentunya bertekstur halus.

Proses pemasangan di rumah tentunya menjadi sangat praktis dan tentunya kamu bisa menyelesaikan urusan lantai dengan cepat.

3. Unfinished Hardwood Floor

Berbeda dengan sebelumnya, unfinished hardwood floor adalah jenis kayu solid yang belum selesai. Kamu bisa menyusun potongan dan memberikan warna kayu sesuai selera.

Namun, terkadang lantai kayu yang satu ini masih memiliki tekstur yang kasar, sehingga kamu perlu mengamplasnya terlebih dahulu.

Selain itu, kamu juga bisa mewarnai lantai kayu ini sesuai selera dan memasangkan lapisan pelindung agar lantai kayu tetap awet.

Jenis lantai kayu yang satu ini cocok untuk disimpan di ruang tengah atau dapur agar tetap hangat

4. Lantai Parket dengan Pemasangan Herring Bone2 Warna

Dapur terlihat unik dan sangat mernaik dengan model lantai parket yang disusun secara zig-zag.

Tampak potongan-potongan kayu tersusun dengan membentuk pola 2 warna yang berselang-seling.

5. Herringbone parquet

Desain inspirasi kedua bernama Herringbone parquet. Warna yang digunakan berwarna abu-abu gelap dengan sedikit guratan kayu yang masih terlihat.

Ini untuk menambah kesan alami yang semakin kental. Struktur lantai sendiri secara keseluruhan memiliki desain seperti huruf Z.

6. Chevron parquet

Selanjutnya menggunakan inspirasi desain bernama Chevron parquet.

Berbeda dengan yang sebelumnya, desain lantai kayu ini menggunakan cat berwarna coklat muda dengan guratan kayu alami yang masih terlihat. Untuk struktur lantainya sendiri disusun secara zig-zag.

7. Model Lantai Kayu Mozaik

Tak hanya lantai keramik yang memiliki motif mozaik, kita juga bisa menciptakan motif yang sama dengan material kayu.

Sesuai namanya, model lantai kayu ini memberi tampilan mozaik kotak-kotak yang terlihat unik.

Untuk membuat lantai model ini, kayu yang digunakan harus memiliki bentuk persegi dengan ukuran yang sama agar susunan mozaik terlihat rapi.

Meskipun tak sesulit model herringbone, tetapi proses penyusunan lantai kayu mozaik tetap diperlukan keuletan dan ketelitian agar pola bisa terbentuk sempurna.

8. Lantai Vinyl Klasik

Khawatir karena budget lantai kayu tidak cukup di kantongmu atau memiliki harga yang terlalu tinggi?

Lantai vinyl klasik menjadi pilihan tepat untuk kamu yang memiliki budget minim karena harganya ramah di kantong.

Dengan bentuk lembaran dengan corak yang cukup beragam, lantai kayu vinyl klasik bisa dipakai untuk lapisan lantai.

Ada beberapa warna yang bisa kamu pilih seperti, coklat muda, coklat tua, dan coklat kehitaman.

9. Lantai Kayu Modern

 Sifat alami kayu yang mampu menyimpan panas pada siang hari dan mampu menghangatkan udara pada malam hari membuat suhu ruangan cenderung menyesuaikan diri dengan suhu udara.

Jadi kamu nggak perlu khawatir merasa terlalu dingin atau terlalu panas dengan lantai kayu.

10. Lantai Kayu Ulin

Jika sebelumnya berbagai jenis lantai kayu tersebut ada yang tidak tahan kelembaban atau hanya cocok dipasang di dalam rumah. Kayu ulin bisa dipasang di luar rumah yang terkena sinar matahari secara langsung, seperti halaman depan, halaman depan, atau dekat kolam renang.

Daya tahan kayu ulin sangat kuat dan juga awet, sehingga lantai kayu ini dapat bertahan dengan waktu yang cukup lama.

Nah, itulah tadi beberapa model lantai kayu untuk rumah minimalis yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #lantai kayu    #model lantai    #model rumah    #rumah    #rumah minimalis    #rumah lantai kayu   

Baca Juga