parboaboa

Wudhu : Niat, Tata Cara, dan Doa Setelah Melakukannya

Mei | Pendidikan | 06-09-2022

Ilustrasi Wudhu (Foto : NU Online Jatim)

PARBOABOA - Kita sebagai umat Muslim pasti sudah tau kan bahwasanya wudhu merupakan salah satu syarat yang utama sebelum hendak menjalankan ibadah, baik itu yang hukumnya wajib maupun sunnah.

Hal ini sebagaimana dijelaslan dalam salah satu firman Allah :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Wahai sekalian orang yang beriman, bila kamu berdiri akan melakukan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan sikut, dan usaplah kepalamu, dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki…” (QS Surat al Maidah [05]: 6).

Sedangkan dalam sebuah hadis juga dikatakan bahwa Rasulullah SAW besabda bahwa tidak diterima sholat seseorang yang memiliki hadas sebelum dia berwudhu.

 Ù„اَ يَقْبَلُ اللهُ صَلاَةَ أَحَدِكُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ

Artinya: “Allah tidak akan menerima shalatnya orang yang hadas sehingga orang itu mengambil wudhu.” (HR Bukhari)

Kata “Wudhu” sendiri dapat diartikan sebagai cara atau jalan membersihkan serta mensucikan diri dari segala bentuk hadits yang sudah disyariatkan dalam agama Islam.

Namun, jika diartikan secara bahasa, “Wudhu” mengandung makna bersih dan indah. Sedangkan menurut pandangan syara’, “wudhu” dapat diartikan sebagai aktivitas pembersihan angota badan dari segala bentuk hadas yang sifatnya ringan.

Lantas sudah kah kamu mengetahui bagaimana tata cara wudhu yang benar? Apa niat wudhu? Bagaimana doa setelah wudhu? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini Parboaboa akan membahasnya satu-persatu, yuk langsung simak.

Doa Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالٰى

Nawaitul Wudhu’a Lirof’Il Hadatsil Ashghori Fardhol Lillaahi Ta’Aala

Artinya : “Saya niat wudhu untuk mengangkat hadats kecil fardhu karena Allah Ta’aala”.

Doa Sesudah Wudhu

Nah, setelah kamu sudah menjalankan tata cara wudhu dengan baik, selain membaca niat wudhu ada baiknya jika kamu juga membaca doa setelah wudhu ya. Kamu bisa melafaskan ayat yang dibawah ini.

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu Allaa Ilaaha Illalloohu Wahdahuu Laa Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan ‘Abduhuu wa Rosuuluhuu, Alloohummaj’Alnii Minat Tawwaabiina Waj’Alnii Minal Mutathohhiriina

Artinya : Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh).

Tata Cara Wudhu Yang Benar

  • Sebelum melakukan wudhu ada baiknya jika kita membaca niat terlebih dahulu
  • Membasuk telapak tangan dengan bersih
  • Tata cara wudhu pertama dapat dilakukan dengan berkumur terlebih dahuhu sebanyak 3 kali
  • Basuh lubang hidung kalian sebanyak 3 kali
  • Membasuh wajah yang dimulai dari bagian ujung kepala hingga mengenai rambut yang ada dibawah dagu sebanyak 3 kali
  • Membasuh tangan hingga mencapai siku. Harus dimulai dengan tagan kanan, masing-masing sebanyak 3 kali
  • Mengusap bagian kepala sebanyak 3 kali
  • Mengusap bagian dalam hingga daun telinga sebanyak 3 kali, dimulai dari sisi kanan
  • Membasuk kaki
  • Membacakan doa sesudah wudhu

Editor : -

Tag : #wudhu    #tata cara wudhu    #pendidikan    #islami    #umat muslim   

BACA JUGA

BERITA TERBARU