Ilustrasi kapal tabrakan

Dua Kapal Nelayan Tabrakan di Perairan Asahan

Sarah | Daerah | 11-03-2022

PARBOABOA, Asahan - Tiga nelayan di Asahan, Sumatera Utara (Sumut), berhasil diselamatkan oleh tim Basarnas setelah tercebur dan terombang-ambing di Perairan Asahan. Mereka tercebur setelah kapal yang mereka tumpangi bertabrakan dengan kapal nelayan lainnya pada Kamis (10/3/2022) malam.

Kapten Kapal SAR Sanjaya Basarnas Tanjungbalai Asahan, Dulon Pasaribu mengatakan, malam itu pihaknya mendapat informasi akan adanya dua kapan nelayan yang tabrakan. Saat itu, satu kapal hendak pergi melaut dan satu lagi dalam posisi pulang dari melaut.

"Kita mendapat informasi sekitar jam 7 malam ada dua kapal nelayan bertabrakan. Jadi yang satu baru pulang melaut yang satu mau pergi," kata Dulon, Jumat (11/3/2022).

Dulon juga menyebut, peristiwa tabrakan dua kapal ini terjadi tak jauh dari garis pantai. Menurutnya, kedua kapal itu diduga tak dapat melihat kondisi sekitar karena gelap dan kapal berjalan tanpa lampu sinyal penerangan.

Kejadian tersebut memyebabkan, salah satu kapal pecah hingga para nelayan tersebut tercebur ke laut. Sementara satu kapal lainnya yang selamat segera ke Pos Basarnas terdekat untuk melaporkan kejadian dan meminta pertolongan.

"Satu kapal yang berpenumpang tiga orang, satu lagi berpenumpang satu orang. Yang terbalik kapal penumpang tiga ini semua selamat," ucapnya.

Setelah berhasil di selamatkan, ketiga nelayan kemudian di bawa ke pos Bagan Asahan dan dilakukan pertolongan.

Melihat kejadian ini, para nelayan dihimbau lebih berhati-hati saat berlayar di malam hari. Jangan sampai kejadian seperti ini terulang kembali.

Tag : #kecelakaan    #kapal nelayan    #perairan asahan    #tim basarnas    #berita sumut   

Baca Juga