Tampilan Desain Tesla Bot

Elon Musk Bikin Robot Homoanoid Mirip Manusia Bernama Tesla Bot

wanovy | Teknologi | 22-08-2021

CEO of Tesla, Elon Musk mengumumkan bahwa perusahaannya segera punya robot berbentuk manusia. Dia mengatakan Tesla akan membangun prototype robot humanoid pada tahun depan.

Robot itu akan diberi nama Tesla Bot. Elon mengumumkan hal tersebut sesaat setelah seorang aktor dalam setelan yang dirancang seperti robot Tesla bergerak di atas panggung AI Day.

AI Day merupakan serangkaian acara berisi pembicaraan teknologi yang diselenggarakan oleh Tesla di California. Acara itu untuk merekrut bakar machine learning.

Elon Musk tak pernah lelah menghadirkan inovasi-inovasi terkini di dunia teknologi, melalui deretan perusahaan teknologi miliknya.

Seperti Februari lalu, Musk menggegerkan dunia maya dengan mengabarkan bahwa perusahaan Neuralink miliknya telah berhasil menanamkan microchip ke dalam otak seekor monyet. Microchip ini diklaim membuat monyet itu bisa bermain game.

Tesla Bot didesain sebagai robot humanoid untuk mengerjakan tugas-tugas berbahaya, repetitif/berulang, atau tugas yang membosankan bila dilakukan oleh manusia.

"Kami juga pandai dalam sensor dan baterai, dan kam mungkin memiliki prototype tahun depan yang terlihat seperti ini," ungkap Elon Musk.

Menurutnya, Tesla Bot itu memiliki peluang mengubah ekonomi dunia dengan menurunkan biaya kerja. Ini terjadi apabila robot tersebut bisa bekerja dan melakukan tugas berulang yang hanya dapat dilakukan manusia sekarang.

Namun dia memperingatkan robot itu 'mungkin tidak akan berfungsi' pada awalnya.

Wujud desain Tesla Bot ini diungkap oleh akun Twitter @Tesla. Tesla Bot direncanakan akan memiliki tinggi sekitar 172 cm, berbobot 56,6 kg, dan memiliki layar sebagai wajahnya.

Dalam pembuatannya, komponen Tesla Bot akan memanfaatkan teknologi mesin otomatisasi di pabrik mobil Tesla, termasuk software dan hardware di sistem autopilot mobil Tesla.

Musk juga mengatakan, prototype Tesla Bot rencananya akan diluncurkan pada sekitar tahun 2022 mendatang.

Tesla Bot jadi salah satu pengumuman yang dibuat Elon Musk. Dia sering mengumumkan Tesla sedang mengerjakan produk menarik yang dijadwalkan bertahun-tahun lagi, namun seringkali pengumuman tidak terjadi pada timeline yang diprediksi.

Tag : #teknologi   

Baca Juga