Ilustrasi Tampilan Fleets Twitter

Fleet Hilang Dari Twitter, Warganet Ucapkan Selamat Tinggal

wanovy | Teknologi | 04-08-2021

Twitter Fleets resmi dihilangkan mulai hari ini, Rabu (4/8/2021). Pengguna Indonesia ramai berkomentar ‘Fleet hilang’.

Fitur mirip Instagram Stories yang terletak di bagian atas layar Twitter ini akhirnya dihapus setelah delapan bulan mengudara.

Melalui Fleet, pengguna bisa mengunggah konten dalam durasi pendek berupa video, foto, teks, atau tweet.

"Jika kamu melihat Fleets, kini kalian tidak bisa melihatnya," kata Twitter.


Sebagaimana diketahui, Twitter resmi mengumumkan penghentian Fleets bulan lalu.

Meski baru diperkenalkan pada November 2020 lalu, Twitter memutuskan untuk menghapus Fleet, karena fitur ini tidak banyak dipakai pengguna Twitter. Hal ini diungkapkan oleh Ilya Brown, selaku Wakil Presiden Produk Twitter.

"Kami berharap Fleet bisa membantu lebih banyak orang nyaman bergabung dalam percakapan di Twitter," ujar Brown

"Tapi sejak kami memperkenalkan Fleet ke semua orang, kami tidak pernah melihat peningkatan jumlah percakapan orang-orang dengan Fleet seperti harapan kami," lanjutnya.

Dihapusnya Fleets dari Twitter membuat warganet beramai-ramai mengenang fitur ini.

Rabu (04/08/2021) pagi, topik ini mulai bertengger di topik terpopuler atau Trending Topics Twitter. Beberapa pengguna mengungkapkan perpisahan lewat tweet mereka.

"Twitter saya terasa aneh banget tanpa Fleet (emoji menangis)," tulis seorang pengguna.

"Saya cuma pernah menggunakan Fleet tiga kali sejak fitur itu diluncurkan dan setelah fiturnya sudah tidak lagi ada saya merasa ada yang hilang dari Twitter saya (emoji sedih)," tulis pengguna lainnya.

“Twitter sempat kehilangan arah dan berpikir, “Instagram bikin fitur story. Whatsapp, Facebook, Youtube pun begitu. Kayaknya Twitter harus bikin Fleet juga, deh.” Hingga di satu titik, Twitter sadar: Untuk diterima di pergaulan, kita tidak perlu ikut-ikutan. Selamat tinggal, Fleet," kata musikus @FiersaBesari.

"Fleet udah gak ada. Tapi percayalah, cinta yang kau beri akan selalu ada dan terus kujaga.~"tulis @fsskroeppreal.

Kabar Fleet hilang ini mungkin tidak menjadi masalah bagi sejumlah pengguna Twitter, terutama mereka yang menolak kehadiran Fleet sejak awal. Pada awal kemunculannya, Twitter Fleet cukup menimbulkan pro-kontra, ada yang suka dan tidak suka.

Menurut sebagian orang, kehadiran Fleet membuat Twitter sama saja dengan media sosial lain yang memiliki fitur Stories, seperti Instagram, Snapchat, Facebook, hingga WhatsApp. Bahkan sempat ada yang enggan memperbarui aplikasi ke versi baru untuk menghindari fitur Fleet.

Twitter sendiri menyadari pro-kontra yang terjadi "Kami akan menghapus fitur Fleet pada 3 Agustus, (kami) sedang menggarap beberapa hal baru lainnya. Kami meminta maaf atau sama-sama," tulis Twitter dalam pengumumannya.

Meskipun Fleet hilang, Twitter masih memiliki fitur Spaces, ruang audio mirip Clubhouse yang berada diatas linimasa Twitter.

Twitter juga terus berupaya terus membuat cara baru untuk menarik orang melakukan percakapan, mendengar masukan, dan mengubah arah ketika memang ada cara yang lebih baik untuk memanjakan pengunanya.

Tag : teknologi

Berita Terkait