Gambar format APK

Good Bye Buat Format APK

sondang | Teknologi | 02-07-2021

Ada yang tau gak sih apa itu format APK?

Biar mimin jelasin. Format APK adalah format berkas yang digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software dan middleware ke ponsel dengan sistem operasi Android, mirip dengan paket MSI pada Windows atau Deb pada OS Debian. Format file ini pertama kali diperkenalkan Google dalam acara Google I/O 2018.

Nah, Kamis (1/7/2021) Google mengumumkan perubahan untuk Android, tepatnya untuk developer Android, yaitu format aplikasi untuk sistem operasi tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh Product Manager Google Play Dom Elliott, melalui sebuah postingan di blog resmi Android Developers, "Google Play akan mulai mewajibkan aplikasi baru untuk didistribusikan dengan format Android App Bundle mulai Agustus 2021. Ini akan menggantikan APK sebagai format distribusi standar," tulis Elliott.

Android App Bundle adalah format yang pertama diluncurkan pada Mei 2018, dan menurut Google, saat ini ada lebih dari sejuta aplikasi yang menggunakan format ini, termasuk mayoritas dari 1.000 aplikasi terpopuler di Google Play, seperti Adobe, Duolingo, Gameloft, Netflix, redBus, Riafy, dan Twitter.

Google juga menjanjikan kalau membuat aplikasi dalam format Android App Bundle ini hanya sedikit lebih sulit ketimbang dalam bentuk APK. Juga dukungan berbagai software untuk membuat aplikasi, seperti Android Studio, Gradle, Bazel, Buck, Cocos Creator, Unity, Unreal Engine, dan bermacam software lainnya.

Google juga mengklaim sudah ada lebih dari 1 juta aplikasi dan game yang sudah diplublikasikan di Google Play menggunakan format baru ini. Termasuk beberapa aplikasi yang masuk di kategori 1.000 aplikasi dan game teratas Google Play, seperti Adobe, Duolingo, Gameloft, Netflix, redBus, Riafy, dan Twitter.

Menariknya, pengumuman ini dikeluarkan Google tak lama setelah Microsoft memastikan Windows 11 bisa menjalankan aplikasi Android. Dengan perubahan ini, mungkin akan semakin sedikit aplikasi Android yang bisa dipasang di Windows 11 tersebut.

Namun tentu ada sisi negatifnya, yaitu format Android App Bundles hanya dipakai oleh Google Play, dan tidak dipakai di platform lain. Hal ini akan merumitkan distribusi aplikasi Android.

Tag : #teknologi   

Baca Juga