Ilustrasi

GoPay Resmi Gantikan OVO di Beranda Tokopedia, Ini Cara Pakainya

Wanovy | Teknologi | 12-10-2021

Tokopedia resmi mengganti layanan OVO dengan GoPay sebagai alat pembayaran utama. Terbukti pada beranda atau home page aplikasi Tokopedia yang semula berada ditempat yang sama dengan ikon OVO sebelumnya.

Layanan pembayaran dan transaksi online buatan GoJek ini dapat digunakan pada seluruh transaksi yang berlangsung di aplikasi Tokopedia.

Menurut VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak, pihaknya tengah berusaha menambahkan fitur pembayaran GoPay secara bertahap kepada seluruh pengguna Tokopedia di Indonesia.

"Tokopedia sebagai bagian dari Grup GoTo saat ini secara bertahap tengah menambahkan metode pembayaran uang elektronik GoPay ke dalam platform kami," kata Nuraini.

Saat ini, sebagian pengguna Tokopedia terpantau sudah dapat menggunakan layanan GoPay di Tokopedia.

Kendati begitu, Tokopedia masih mengijinkan pengguna menjadikan OVO sebagai opsi pembayaran pada platform-nya untuk melakukan segala jenis transaksi.

"Konsumen Tokopedia di sisi lain tetap dapat menggunakan semua metode pembayaran yang selama ini tersedia di Tokopedia sesuai dengan preferensi dan kenyamanan masing-masing," lanjut Nuraini.

Lantas, mengapa Tokopedia kini menyingkirkan OVO dari laman muka dan menggantikan dengan GoPay?

Spekulasi soal didepaknya OVO dari Tokopedia mulai berembus ketika Tokopedia dan Gojek resmi mengumumkan penggabungan usaha alias merger pada Mei 2021 menjadi perusahaan gabungan GoTo.

Gojek sendiri juga memiliki layanan dompet digital Gopay, yang notabene menjadi pesaing langsung OVO. Alhasil, merger GoTo ikut mengembuskan spekulasi bahwa OVO bisa saja didepak dari opsi pembayaran di Tokopedia, digantikan oleh GoPay.

Sementara itu, sebelum dapat menggunakan metode ini pengguna harus terlebih dahulu mengaktifkan opsi pembayaran GoPay terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut :

  1. Klik tombol "Aktifkan" yang berada di bawah ikon GoPay di tampilan beranda aplikasi Tokopedia
  2. Selanjutnya, klik tombol "Sambungkan Sekarang" dan sambungkan nomor ponsel di akun Tokopedia ke GoPay.
  3. Jika nomor ponsel yang tertera sudah cocok, silakan klik tombol "Lanjut" dan masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  4. Pengguna juga akan diminta untuk memasukkan nomor PIN Gopay.
  5. Setelah semua langkah-langkah di atas berhasil dijalankan, pengguna dapat berbelanja di Tokopedia menggunakan metode pembayaran GoPay.
  6. Hal ini akan ditandai dengan munculnya nominal saldo GoPay pada ikon GoPay yang tertera di laman utama aplikasi.
Tag : #teknologi    #apps    #ecommerce   

Baca Juga