GoTo masuk 100 Most Influential Companies menurut TIME, foto: poskota.co.id

GoTo Masuk Daftar 100 Perusahaan Paling Berpengaruh di Dunia

Wanovy | Teknologi | 01-04-2022

PARBOABOA - Jelang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 11 April 2022 mendatang, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) masuk dalam daftar 100 Perusahaan Paling Berpengaruh Tahun Ini versi majalah TIME.

TIME100 Most Influential Companies sendiri merupakan daftar yang dirilis Time setiap tahun. Dalam praktinya, tim dari majalah Time mengumpulkan nominasi dari lintas sektor, termasuk kesehatan, hiburan, teknologi dan lainnya dari jaringan Time di berbagai negara.

Dari nominasi tersebut, tim dari Time melakukan penilaian berdasarkan berbagai faktor, mulai dari relevansi, dampak, inovasi, ambisi hingga kesuksesan perusahaan.

Pada Rabu (30/3/2022), TIME merilis TIME100 Perusahaan Paling Berpengaruh 2022 dan menyoroti bisnis yang membuat dampak luar biasa di seluruh dunia. Dalam daftar tersebut, terdapat GoTo Group dari Indonesia.

Menurut TIME, GoTo Group merupakan ‘aplikasi super’ Indonesia dengan 100 juta pengguna yang menawarkan segalanya mulai dari naik kendaraan, belanja, dan hiburan hingga pembayaran dan layanan keuangan, dan GoTo akan berkembang lebih jauh pada tahun ini.

Entitas gabungan Gojek dan Tokopedia ini mewakili satu-satunya korporasi dari Indonesia.

Raksasa teknologi seperti Spotify, Microsoft, Amazon, Apple, dan Google juga masuk dalam daftar ini.

“GoTo Group merupakan aplikasi super (superapp) Indonesia dengan 100 juta pengguna,” demikian dikutip dari laman resmi TIME, Rabu malam (30/3).

“GoTo akan berkembang lebih jauh tahun ini. Itu berkat IPO US$ 1,26 miliar yang direncanakan April ini yang diperkirakan membuat valuasi perusahaan hampir US$ 29 miliar,” ujar dia.

GoTo Group sendiri sebelumnya telah mengumpulkan pendanaan lebih dari US$ 1,3 miliar pada November lalu.

Nilai perusahaan diperkirakan akan bertambah seiring dengan berkembangnya nilai ekonomi digital di Asia Tenggara yang pada 2025 diperkirakan mencapai US$ 360 miliar.

GoTo sendiri telah mendapat persetujuan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melaksanakan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO) pada Bursa Efek Indonesia.

Masa penawaran umum saham akan berlangsung mulai 1 - 7 April 2022 dan pencatatan di Papan Utama BEI dengan kode saham GOTO dijadwalkan pada 11 April 2022.

Sebelumnya, tahap bookbuilding saham GoTo sudah dilakukan pada 15 Maret hingga 24 Maret. Saham GoTo ditawarkan di harga Rp 316-346.

Nilai penawaran umum perdana saham dan penjatahan lebih yang ditawarkan kepada investor adalah sebesar Rp 15,8 triliun.

Perusahaan mengklaim IPO yang dilakukan menjadi yang terbesar ketiga di Asia serta kelima di dunia sepanjang tahun 2022 ini.

Kategori Distuptors dalam daftar TIME100 Most Influential Companies diisi oleh 20 perusahaan, mulai dari Engine No. 1 hingga Spinlaunch.

Yang menarik, TikTok juga masuk dalam daftar perusahaan paling berpengaruh di dunia yang dirangkum oleh majalah TIME untuk kategori Disruptors, atau kategori yang sama dengan GoTo.

Selain TikTok, beberapa perusahaan teknologi juga dinobatkan sebagai perusahaan paling berpengaruh di dunia oleh TIME, meskipun dalam kategori yang berbeda dari GoTo dan TikTok. Beberapa perusahaan tersebut termasuk Apple, Microsoft, IBM, Meta, Netflix, Spotify, Nvidia dan lainnya.

Tag : #goto    #gojek    #tokopedia    #ebusiness   

Baca Juga