Ilustrasi

Baru, Grup Facebook Bakal Punya Fitur Penghasil Uang

Wanovy | Teknologi | 30-11-2021

Sejumlah platform sosial media saat ini memiliki fitur penghasil uang untuk konten kreator dan pihak-pihak tertentu. Salah satu platform sosial media yang mempunyai beragam fitur penghasil uang adalah Facebook.

Facebook dikabarkan tengah menguji coba tiga opsi monetisasi untuk admin grup, yaitu fitur belanja, penggalangan dana dan sub-grup berbayar.

Menurut pihak Facebook, tiga opsi monetisasi baru tersebut dapat membantu orang-orang yang menjalankan grup dalam mempertahankan komunitas yang telah mereka bangun.

Semua fitur tersebut nantinya bakal bisa dimanfaatkan oleh admin grup Facebook untuk mencari uang. Berikut adalah tiga opsi monetasi baru Facebook:

1. Fitur Belanja (Shopping)

Fitur belanja (shopping) menjadi opsi monetisasi pertama yang bisa dimanfaatkan oleh admin grup Facebook. Fitur ini memungkinkan admin untuk menjual merchandice dengan tema tertentu atau barang lainnya.

Keuntungan yang didapatkan dari penjualan nantinya diberikan kepada admin Facebook dan pihak yang terlibat.

2. Penggalangan Dana

Opsi monetisasi kedua adalah penggalangan dana. Dengan opsi ini, admin grup Facebook dimungkinkan menggalang dana dari komunitasnya untuk suatu proyek, termasuk proyek untuk menjalankan grup itu sendiri.

Bahkan, penggalangan untuk keuntungan pihak admin grup juga diperbolehkan oleh Facebook.

3. Sub-Grup Berbayar

Terakhir, Facebook menyediakan opsi monetisasi berupa sub-grup berbayar. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan admin untuk membuat kelompok-kelompok lebih kecil di dalam sebuah grup.

Pengguna yang ingin bergabung dengan sub-grup tersebut harus membayarkan langganan berupa biaya bulanan untuk dapat berpartisipasi.

Sebenarnya, Facebook juga mengizinkan admin grup untuk membuat sub-grup gratis di komunitasnya, apabila tidak ingin menarik biaya langganan.

Sub-grup berbayar dapat dimanfaatkan admin untuk menyediakan akses ke konten eksklusif seperti pelatihan, networking, obrolan yang lebih intens, dan lain sebagainya. Facebook juga akan melengkapi fitur sub-grup berbayar dengan alat moderasi percakapan.

Grup Facebook sendiri digadang-gadang sebagai bagian penting dari Facebook saat ini. Perusahaan rintisan Mark Zuckerberg ini telah mengindikasikan bahwa grup akan memainkan peranan penting dalam rencananya membangun metaverse.

Tag : #facebook    #meta    #admin grup    #monetisasi   

Baca Juga