Hal hal yang membatalkan puasa (Dok: keepo.me)

Jarang Diketahui, Ini Hal-hal yang Membatalkan Puasa

Rahma | Pendidikan | 26-04-2022

PARBOABOA - Pada saat ini, umat muslim di seluruh dunia sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadan yang merupakan rukun Islam yang ketiga.

Selama kurang lebih 30 hari, pemeluk agama Islam harus menahan diri dari hawa nafsu dari waktu subuh hingga adzan maghrib berkumandang.

Selama puasa, kita harus dapat mengendalikan diri dari segala hal yang merusak pahala bahkan sampai hal yang membatalkan puasa.

Supaya ibadah puasa berjalan dengan lancar dan tidak sia-sia, umat Islam perlu mengetahui perkara hal yang dapat membatalkan puasa. Yuk, simak pembahasannya!

Hal Hal yang Membatalkan Puasa Beserta Penjelasannya

Hal hal yang membatalkan puasa adalah segala hal atau kegiatan yang dapat mengakibakan ibadah puasa menjadi gagal, yakni seperti memasukkan atau mengeluarkan sesuatu kedalam tubuh.

Sebagian besar umat Islam hanya mengetahui bahwa larangan puasa itu hanyalah tidak makan dan minum, padahal selain itu masih banyak hal lain yang dapat membatalkan loh.

Untuk itu, berikut ini akan saya rangkum beberapa hal hal yang membatalkan puasa yang jarang diketahui beserta penjelasannya.

1. Memasukkan Benda ke Lubang Telinga, Mulut dan Hidung

Hal hal yang membatalkan puasa yang sering tidak diketahui pertama adalah memasukkan benda ke lubang telinga, mulut dan hidung.

Dalam kitab Fath al-Qarib dijelaskan bahwa memasukkan benda ke lubang telinga, mulut dan hidung juga bisa membatalkan puasa

Semua lubang ini adalah pangkal organ dalam tubuh atau dalam istilah fiqih disebut sebagai jauf, yang berarti lubang mulut, telinga, dan hidung.

Untuk hidung, batas awalnya adalah bagian yang disebut dengan muntaha khaysum (pangkal insang), yang terletak sejajar dengan mata.

Untuk mulut, batasnya adalah tenggorokan yang disebut hulqum. Sedangkan untuk telinga batasnya adalah area yang kira-kira tidak terlihat oleh mata.

2. Memasukkan Benda ke Dubur

Dalam dunia medis, ada beberapa tindakan yang dilakukan dengan memasukkan benda ke dalam dubur atau saluran kemih.

Contohnya seperti obat pereda nyeri atau memasang kateter. Ternyata, ini termasuk hal hal yang membatalkan puasa loh.

Untuk itu, sangat disarankan agar mencari pengobatan dengan cara lain jika tidak ingin puasanya menjadi batal.

3. Muntah

Ketika perut kosong, ada kemungkinan muncul rasa mual dan ingin muntah. Hal ini semakin menjadi-jadi kalau kamu sedang melakukan perjalanan yang panjang atau berada di ruangan yang dingin.

Terkadang jika ingin muntah, sebenarnya lebih baik untuk dikeluarkan daripada menahannya. Hal ini karena dapat menyebabkan kondisi badan semakin tidak prima.

Namun, muntah merupakan salah satu hal yang dapat membatalkan puasa loh. Tapi itu hanya berlaku bagi yang disengaja.

Apabila muntah terjadi secara alami, kamu tidak perlu membayar puasa dan boleh melanjutkan puasa apabila sanggup.

Ketentuan ini disampaikan dalam hadits riwayat Abu Daud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi yang memiliki arti:

“Barangsiapa muntah dengan tidak sengaja, jika ia sedang berpuasa maka tidak wajib qadha atasnya. Dan barangsiapa muntah dengan sengaja maka wajib qadha."

4. Bekam

Bekam merupakan metode pengobatan yang mengeluarkan darah yang mengandung toksin dari tubuh manusia.

Seperti penjelasan sebelumnya, kita tidak diperbolehkan untuk memasukkan atau mengeluarkan apapun yang ada di dalam tubuh saat puasa, salah satunya mengeluarkan darah.

Oleh sebab itu, kegiatan bekam merupakan salah satu hal yang dapat membatalkan puasa.

5. Suntikan

Suntikan adalah sebuah teknik pengobatan, dengan cara memasukkan obat dalam bentuk cairan yang baik untuk tubuh. Karena itu, suntikan merupakan hal yang membatalkan puasa.

 Alasan lain yang lebih kuat adalah karena cairan yang masuk ke dalam tubuh, bahkan ada pula yang bisa menghilangkan rasa haus dan juga lapar.

6. Menelan Dahak

Jika seseorang mengeluarkan dahak yang sudah dikeluarkan ke rongga mulut, lalu ditelan kembali dengan sengaja, maka tindakan ini termasuk hal hal yang dapat membatalkan puasa.

Menurut beberapa pendapat ulama, hal ini disebabkan karena dahak berasal dari pangkal hidung, alias tidak keluar dari mulut.

Sehingga, hal ini mirip dengan muntah dan masih memungkinkan seseorang untuk menghindarinya.

7. Berenang

Pada dasarnya, sebenarnya berenang diperbolehkan saat berpuasa. Namun disaat berenang, kamu harus benar-benar memastikan agar tidak ada air yang sampai masuk ke tubuh.

Hal ini pastinya sulit untuk dihindari. Jika kamu ingin berenang, ada baiknya untuk menundanya hingga waktu berbuka.

8. Memakan Selain Makanan pada Umumnya

Apapun yang masuk ke dalam mulut baik mengenyangkan atau tidak, bisa termasuk hal hal yang dapat membatalkan puasa.

Contohnya seperti tertelan batu kecil, serpihan terigu, atau obat-obatan. Termasuk juga, walaupun kamu hanya menggigit pensil atau lainnya.

Intinya saat berpuasa, kamu tidak boleh memasukkan apapun, apalagi sampai kamu tidak sengaja sampai menelannya.

9. Pingsan

Pingsan bisa disebabkan dari masalah kesehatan ataupun karena kurangnya stamina tubuh (dalam kondisi sedang sakit).

Jika ini terjadi, maka termasuk dalam hal hal yang membatalkan puasa. Hal ini karena pingsan membuat penderitanya tak sadarkan diri atau hilang kesadaran.

Menurut beberapa ahli, kondisi pingsan hukumnya disamakan seperti gila. Hal ini karena sama-sama kehilangan kesadaran dirinya.

Maka bila terjadi, ini termasuk hal yang dapat membatalkan puasa. Sehingga si penderita tidak memiliki kewajiban untuk melanjutkan puasanya.

10. Tidak mengendalikan Nafsu

Hal yang membatalkan puasa terakhir adalah tidak bisa mengendalikan diri dan hawa nafsu. Hal ini juga berlaku pada pasangan yang sudah halal juga loh.

Meski begitu, Islam memperbolehkan kembali berhubungan suami istri jika sudah selesai melaksanakan puasa selama satu hari, atau pada malam hari.

Jika hal yang dapat membatalkan puasa yang satu ini dilakukan, maka akan diberikan sanksi tegas berupa membayar denda dengan jumlah yang banyak.

Apabila tidak mampu, kafarat tersebut tidak gugur dan tetap menjadi tanggungannya, sampai ia mampu membayarnya.

Pada saat ada kemampuan untuk membayar dengan cara mencicil, maka harus dilakukan dan dilunaskan dengan segera.

Nah, itulah hal hal yang membatalkan puasa yang harus kamu ketahui. Tujuannya agar ibadah yang kamu kerjakan tidak sia-sia. Semangat puasanya ya teman!

Tag : #puasa    #pendidikan islam    #pendidikan    #ramadan    #hal yang membatalkan puasa    #agama islam    #larangan puasa    

Baca Juga