Harimau Sumatera Akhirnya Tertangkap

Harimau yang Sempat Meresahkan Warga Palas Akhirnya Tertangkap

Sarah | Daerah | 17-12-2021

PARBOABOA, Palas - Harimau Sumatera yang sempat meresahkan masyarakat kecamatan Ulu Barumun dan Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, sejak beberapa waktu belakangan ini, akhirnya masuk perangkap kandang jebakan, Kamis (16/12/2021).

“Setelah 1 bulan lebih penanganan konflik warga dengan Harimau akhirnya menemukan titik terang. Harimau masuk perangkap jebakan yang dipasang di sekitar lokasi perkebunan masyarakat Desa Siundol Julu, Kecamatan Sosopan,” kata Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BBKSDA Sumut Andoko Hidayat.

Andoko mengatakan, penanganan konflik ini mulai menunjukkan titik terang pada Senin (13/12/2021). Ketika dua ekor anjing peliharaan warga ditemukan mati diduga dimangsa harimau.

"Karena di sekitar lokasi kejadian ditemukan jejak harimau," katanya.

Pihaknya lalu memasang perangkap jebakan di sekitar lokasi perkebunan masyarakat Pada Selasa (14/12/2021).

Selanjutnya, Penyisiran dilakukan oleh Tim Balai Besar KSDA Sumut dengan melakukan pengecekan kandang jebak serta pemeriksaan rekaman CT yang terpasang. Namun, Harimau tidak nampak dalam rekaman CT.

Kemudian, pada Kamis (16/12/2021) sekitar jam 12.15 WIB, petugas melakukan pengecekan di tiga lokasi perangkap jebakan. Hasilnya, pada perangkap jebakan ketiga yang dipasang di  Desa Siundol Julu, Harimau Sumatera ditemukan masuk dalam perangkap tersebut.

Selanjutnya, tim melakukan evakuasi terhadap Harimau Sumatera yang terperangkap ke Sanctuary Harimau Sumatera Barumun di Desa Batu Nanggar, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas, untuk dilakukan tindakan pemeriksaan kesehatan dan perawatan.

 

Tag : #Harimau padanglawas    #harimau sumatera    #BBKSDA   

Baca Juga