Petugas melakukan Olah TKP (Dok : BBKSDA Sumut)

Dua Bangkai Gajah Sumatera Ditemukan di Langkat, Salah Satu Gajah Diduga Dibunuh

Sarah | Daerah | 15-04-2022

PARBOABOA, Langkat - Dua ekor gajah Sumatera ditemukan mati mengenaskan di Dusun Aras Napal Kanan, Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) pada Minggu (10/4/2022).

Plt Kepala Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, Irzal Azhar mengatakan bahwa gajah yang pertama ditemukan di perkebunan jeruk milik masyarakat bermarga Hutapea, di Aras Napal, Langkat.

Gajah mati itu ditemukan oleh seorang pemancing ikan yang kemudian dilaporkan ke petugas Resort Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan selanjutnya diteruskan kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat.

"Saat pengecekan lokasi oleh petugas Resort KSDA Aras Napal 242, ditemukan bangkai gajah dewasa jenis kelamin betina dengan kondisi sudah mulai membusuk," kata Irzal, Jumat (15/4/2022).

Sementara bangkai gajah yang kedua diketahui setelah petugas mendapat informasi dari masyarakat bahwa di lokasi yang berbeda juga ditemukan kerangka gajah.

Selanjutnya, petugas Resort KSDA Aras Napal 242 melakukan pengecekan ke lokasi dan menemukan kerangka gajah yang sudah membusuk.

"Kondisi tinggal tulang belulang berceceran, terdapat juga sisa-sisa bangkai yang sudah mencair. Kondisi tulang belulang tidak lengkap. Diperkirakan sudah mati lebih dari 6 bulan," pungkasnya.

Tag : #gajah mati    #gajah sumatera    #daerah    #langkat    #bbksda    #berita sumut   

Baca Juga