Hasil Pertandingan Piala AFF 2020: Thailand Kalahkan Filipina

Penulis : Michael | Sepakbola | 14-12-2021

Hasil Pertandingan Piala AFF 2020: Thailand Kalahkan Filipina (Foto: @Changsuek)

Parboaboa.com – Thailand sukses memetik kemenangan ketiga dalam Grup A Piala AFF 2020. Mereka berhasil unggul 2-1 atas Filipina dalam pertandingan yang digelar di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Selasa (14/12/2021).

Tidak butuh lama buat Thailand menyerang. Peluang pertama lahir di menit keenam saat Theerathon Bunmathan melepas sepakan bebas yang mengumpan kepada Kritsada Kaman. Tendangan Kaman mengarah ke gawang Filipina, tapi masih diamankan Kevin Mendoza.

Berikutnya, Tim Gajah Perang masih menguasai jalannya pertandingan sambil mencari celah pertahanan Filipina. Tim The Azkals mampu tampil solid dan disiplin dalam menahan gempuran lawan.

Thailand akhirnya berhasil unggul di menit ke-26. Theeraton menjadi aktornya setelah menyisir sisi kiri serangan timnya dan mengirim umpan tarik ke kotak penalti. Teerasil Dangda pun menyelesaikannya dengan satu sentuhan sepakan keras kaki kiri yang gagal dibendung Mendoza.

Setelah gol itu, Thailand tampil semakin agresif. Dua menit kemudian, mereka hampir mencetak gol lagi lewat skema yang sama. Tapi, kali ini Phitiwat Sukjitthammakul yang mengirim umpan tarik pada Teerasil Dangda. Sepakannya juga mampu diblok oleh Mendoza.

Kerja sama Phitiwat dan Teerasil kembali tercipta di menit ke-31. Kali ini lewat umpan pendek di luar kotak penalti. Dangda pun melepas tendangan keras yang kali ini mampu diantisipasi oleh Mendoza dengan menepisnya.

Tak ada tambahan gol yang tercipta sampai babak pertama berakhir. Keunggulan 1-0 Timnas Thailand masih bertahan sampai memasuki waktu turun minum.

Thailand masih tampil agresif dalam mengawali paruh kedua. Theerathon menjadi kreator serangan dengan upaya yang dilakukannya di sisi kiri. Dia mengirim umpan tarik kepada Supachok Sarachat dan menghasilkan tendangan on target di menit ke-53. Namun bola mampu ditangkap Mendoza.

Hanya semenit berselang, peluang emas kembali menghampiri Thailand. Berawal dari umpan pendek Teerasil, Thanawat Suenghitthawon melakukan aksi individu melakukan dribel hingga dekat kotak penalti. Dia pun melepas tendangan jarak jauh, tapi membentur mistar.

Filipina pun berakhir mencetak gol balasan di menit ke-57. Mulanya Kevin Ingreso melepas sepakan bebas yang dihalau oleh Manuel Bihr. Bola liar di udara kemudian disambar dengan tendangan keras oleh Patrick Reichelt yang gagal dihalau Chatchai Bootprom.

Thailand pun mendapat kesempatan untuk unggul lagi karena dihadiahi penalti. Penyebabnya, gelandang Thitiphan Puangchan dijatuhkan oleh Amani Aguinaldo di kotak terlarang saat mencoba melakukan upaya serangan.

Teerasil Dangda tampil sebagai eksekutor penalti di menit ke-78. Tanpa ragu, striker bernomor punggung 10 itu melepas tendangan keras ke arah kanan gawang Filipina yang tidak mampu diblok oleh Mendoza. Skor 2-1 untuk Thailand.

Kedudukan itu tidak berubah sampai wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Tambahan tiga angka membuat Thailand mengoleksi sembilan poin dan menduduki puncak klasemen Grup A. Sedangkan kans Filipina untuk menembus fase gugur kian menipis.

Susunan pemain Filipina vs Thailand:

Filipina (4-3-3): Kevin Mendoza (kiper); Martin Steuble, Jesper Nyholm, Amani Aguinaldo, Daisuke Sato (belakang); Kevin Ingreso, Justin Baas, Stephan Schrock (tengah); Patrick Reichelt, Iain Ramsay, Angel Guirado (depan)

Pelatih: Scott Cooper

Thailand (4-3-3): Chatchai Bootprom (kiper); Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Theeraton Bunmathan (belakang); Sarach Yooyen, Phitiwat Sukjitthammakul, Thanawat Suenghitthawon (tengah); Supachok Sarachart, Teerasil Dangda, Chanathip Songkrasin (depan)

Pelatih: Alexandre Polking

Editor : -

Tag : #hasil pertandingan    #piala aff 2020    #thailand    #filipina    #grup c   

Baca Juga