Hasnaeni alias wanita emas (Foto : Kahfi Dirga)

Hasnaeni Wanita Emas Ditangkap Kasus Korupsi

Adinda Dewi | Hukum | 23-09-2022

PARBOABOA Jakarta – Ketua Umum Partai Republik Satu, Hasneni Moin alias Wanita Emas menjadi trending topik di Twitter setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dan jemput paksa oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, pada Kamis (22/09/2022).

Politikus yang juga mantan artis itu ditetapkan tersangka atas tuduhan korupsi penyimpangan atau penyelewengan penggunaan dana PT Waskita Beton Precast pada 2016-2020 yang menyebabkan kerugian negara mencapai Rp2,5 triliun.

Saat dilakukan penangkapan di kediamannya, Wanita Emas tampak shock dan menangis histeris. Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Kuntadi turut membenarkan Hasnaeni yang turut diamankan sebagai tersangka kasus korupsi tersebut, sebagaimana yang ia sampaikan pada konferensi pers, Kamis (22/9/2022).

Selain Wanita Emas, Kejaksaan Agung (kejagung) juga menahan pensiunan karyawan BUMN PT Waskita Beton Precast bernama Kristadi Juli Hardjanto. Kedua tersangka akan ditahan secara terpisah. Hasnaeni akan ditahan di Rutan Kejagung.

"Tersangka Hasnaeni kita tahan di Rutan Salemba Cabang Kejagung, sedangkan Tersangka Kristadi Juli di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jaksel untuk 20 hari ke depan," tutur Kejaksaan Agung.

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Hasnaeni pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pemilihan tahun 2016 lalu. Saat itu, dia menyiapkan dana Rp50 miliar untuk kebutuhan kampanye. Uang tersebut digunakannya untuk blusukan dan membagikan sembako kepada masyarakat.

Namun Hasnaeni yang merupakan Kader Demokrat gagal mencalonkan diri ke Pemilihan Calon Gubernur karena Demokrat justru mengusung Agus Harimurti Yudhoyono.

Lama tak terdengar kabarnya, nama Wanita Emas tersebut mencuat kembali setelah di tetapkan sebagai tersangka.

Tag : #hasnaeni moein    #kasus korupsi    #hukum    #wanita emas    #ketua umum partai republik satu    #kpk    #calon gubernur dki jakarta   

Baca Juga